News  

Ini Rangkaian Kegiatan PMI Ternate saat Peringati Hari Relawan Nasional

Apple akbar relawan PMI Kota Ternate. Foto: Amat/cermat

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ternate resmi menyelenggarakan sejumlah kegiatan dalam peringatan Hari Relawan Nasional ke-19 pada tahun 2023.

Peringatkan ini pun disemarakkan dengan giat kesiapsiagaan bencana dan bakti sosial. PMI Ternate juga menggelar khitanan massal hingga cek kesehatan gratis.

Koordinator Pelaksana, Zulkifli Ahmad mengatakan, kegiatan ini berlangsung sejak 23-24 Desember lalu yang bertempat di BKM Kelurahan Sulamadaha, Kota Ternate.

“Khitanan kemarin kita fokuskan pada anak-anak petugas kebersihan dan anak-anak yang berada di kelurahan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan cek lesehatan gratis keesokan harinya,” kata Zulkifli kepada cermat, Selasa, 26 Desember 2023.

 

PMI menyiapkan lima orang dokter dalam agenda cek kesehatan tersebut, di antaranya, kata Zulkifli, adapun dokter kulit hingga dokter umum.

Sementara pada 26 Desember hari ini, ia mengaku pihaknya melakukan apel akbar untuk seluruh relawan, “mulai dari PMR mula, madya sampai wira. Ada juga KSR di beberapa unit, TSR, donor darah dan seluruh pembinah hadir,” ujarnya.

Dalam apel Akbar ini, PMI juga memberi penghargaan kepada 5 pendonor darah yang telah melakukan donor darah di atas 20 kali.

Sementara itu, Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman dalam sambutannya menekankan agar relawan PMI terus berkarya bagi masyarakat terutama melalui program peningkatan pelayanan donor darah sukarela.

“Hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang telah diaplikasikan para relawan PMI ke masyarakat di Kota Ternate, baik dalam pelayanan kebencanaan, sebagai potensi SAR, serta pelayanann Posko Pertolongan Pertama serta pelayanan sosial sebagaimana selogan PMI SIAP BANTU,” ujar Tauhid.

———

Penulis: Muhammad Ilham

Editor: Rian Hidayat 

Baca Juga:  Pekan Depan Satlantas Polres Ternate Gelar Tilang Manual