News  

Jelang Pleno Penetapan DPT, Bawaslu Ternate Evaluasi Hasil Pengawasan DPSHP

Rapat evaluasi Bawaslu Kota Ternate bersama pengawas Pemilu tingakat kelurahan dan kecamatan se-Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Bawaslu Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar rakor terkait evaluasi hasil pengawasan data pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) tingkat kecamatan, Kamis, 11 Mei 2023.

Ketua Bawaslu Ternate, Kifli Sahlan, kegiatan ini bertujuan mengkonsolidasikan data hasil pengawasan di seluruh kecamatan Kota Ternate.

“Ini adalah bagian dari penyiapan data hasil pengawasan berjenjang yang dimulai dari pleno data pemilih sementara persiapan tingkat pengawas pemilu di kelurahan,” katanya.

Kemudian, sambung Kifli, naik ke kecamatan untuk kesiapan pleno DPSHP akhir. “Lalu ditetapkan menjadi DPT oleh KPU Ternate,” jelasnya.

Rencanannya, pada Jumat 12 Mei 2023 akan dilakukan pleno pemutakhiran data akhir oleh KPU Ternate menjadi DPT. “Kami sudah terima undangannya,” katanya.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Ternate, Rusly Saraha, menambahkan ada beberapa kendala yang ditemukan di lapangan.

Mulai dari data ganda dan dokumumen tidak memenuhi syarat yang masih dimasukan dan telah dipublikasikan oleh KPU Ternate.

“Misalnya pemilih yang sudah meninggal tapi masih dimasukkan. Kemudian anggota TNI-Polri yang masih terdata,” ungkapnya.

“Temuan-temuan itu telah disampaikan ke KPU Ternate dan kami menunggu tindaklanjutnya,” kata Rusly menambahkan.

__________

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga:  Cuaca Buruk, Sejumlah Kapal Wisata Luar Negeri Tunda Berangkat ke Sula