News  

Kegiatan ‘Akar Pala’ Nomat Akan Masuk Kalender Event Pemkot Ternate

Sekda Kota Ternate Rizal Marsaoly saat membuka kegiatan Akar Pala. Foto: Istimewa

Kegiatan bertajuk apresiasi karya para penyanyi lawas atau Akar Pala yang dibikin komunitas Nomat akan masuk dalam kalender event pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara.

Sekda Kota Ternate Rizal Marsaoly mengatakan, event Akar Pala yang menggaung penyanyi hingga pencipta lagu lawas sejatinya memiliki nilai promosi.

Baca Juga:  Polda Malut Tetapkan 1 Karyawan SPBU sebagai Tersangka Penimbunan BBM Subsidi

“Kenapa saya bilang ini harus dikemas? Karena ini punya nilai promosi yang cukup kuat. Torang (kami) hanya dengar lagu-lagu itu saja, tapi malam ini luar biasa torang ketemu langsung dengan pencipta lagunya, bahkan tadi ada pencipta lagu yang usianya sudah cukup lansia dan masih ada,” kata Rizal dalam sambutannya di acara Akar Pala Nomat, Sabtu, 27 Januari 2024 lalu.

Rizal menyebut gerakan apresiasi lagu lawas ini juga perlu menjadi perhatian pemerintah melalui organisasi perangkat daerah terkait.

“Karena Nomat bisa mengambil ruang ini dengan genre dia, dia bisa melakukan satu langkah yang merupakan bagian dari visi pemerintah kota yakni melestarikan kebudayaan,” ujarnya.

Baca Juga:  Tahap Pungut Hitung Dimulai, Panwascam Pulau Gebe Lakukan Pengawasan

“Jadi butuh sinergitas antara pemerintah kota dalam hal ini dinas kebudayaan, pariwisata, sehingga tadi saya bilang ini perlu dikemas untuk menjadi kalender event tahunan,” sambung Rizal.

Sementara itu, salah satu pendiri Nomat, Jul berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan menjadi pemantik apresiasi para pencipta lagu lawas.

——–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni