Kelompok Tani Halmahera Selatan Dapat Bantuan Mesin Paras dan Viar

Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba, saat menyerahkan dua unit kendaraan jenis Viar yang diserahkan secara simbolis kepada kelompok pertanian. Foto: Safri/cermat

Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba menyerahkan secara simbolis bantuan alat pertanian kepada sejumlah kelompok tani, Senin, 03 Juni 2024.

Bantuan tersebut berupa mesin paras sebanyak 855 unit dan kendaraan roda 3 jenis viar sebanyak 10 unit.

Bantuan diserahkan kepada kelompok tani yang tersebar di 3 zona, yakni zona Obi, zona Gane dan zona Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Baca Juga:  Alat Peraga Kampanye di Halmahera Utara Ditertibkan

Dalam kesempatan itu Bassam menyampaikan bahwa untuk meningkatkan produksi, efisiensi pertanian, pemerintah daerah berkewajiban memberikan dukungan fasilitas berupa alat pertanian, sehingga para petani dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka pemerintah berkewajiban hadir di tengah-tengah masyarakat dengan memberikan dukungan, salah satunya alat pertanian,” kata Bassam di Halaman Kantor Bupati Halsel.

Ia menuturkan, alat pertanian ini dapat dimanfaatkan untuk menekan biaya operasional yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Umar Ali Ajak ASN di Morotai Dukung Program Pj Bupati Baru

“Saya mengingatkan kepada kelompok tani agar tidak menggunakan sendiri-sendiri untuk kepentingan pribadi, tetapi digunakan secara bersama dalam kelompok,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Halmahera Selatan, Agus Heriawan mengatakan, bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2024 yang diperuntukkan untuk kelompok pertanian yang tersebar di 3 zona.

“Hari ini, pak bupati serahkan secara simbolis, sisanya akan diserahkan langsung oleh dinas,” kata Agus.

Baca Juga:  Suara di Halmahera Selatan Pengaruhi Komposisi Kursi DPR RI, PKS Yakin Berpeluang