News  

Kolaborasi Mahasiswa UGM dan Pemda Halut Tanam Pohon di Areal Pelabuhan

Aksi tanam pohon ini diharapkan menjadi upaya pelestarian lingkungan yang bermanfaat bagi ruang publik di Halmahera Utara. Foto: Agus/cermat

Pemda Halmahera Utara berkolaborasi bersama mahasiswa KKN Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar  penanaman pohon di lingkungan Pelabuhan Feri Gorua, Jumat, 5 Juli 2024.

Aksi tanam pohon ini diharapkan menjadi upaya pelestarian lingkungan yang bermanfaat bagi ruang publik di Halmahera Utara.

Baca Juga:  Event Moti Bersuara Siap Digelar, Ada Konser hingga Promosi Wisata 

Kepala DLH Halmahera Utara, Yudihart Noija mengatakan, program ini merupakan kebijakan pemerintah pusat. Tujuannya, menghijaukan area pintu masuk pelabuhan-pelabuhan di Halmahera Utara.

“Ini merupakan program pusat jadi di setiap pintu masuk akan diadakan penanaman pohon,” ucap Yudihart kepada cermat.

Baca Juga:  Kunjungan ke Surabaya, Wali Kota Ternate Optimis Hadirkan Command Center: Efektif untuk Pemantauan

Sementara Sekda Halut, Erasmus J Papilaya menambahkan, areal pelabuhan sebagai ruang publik perlu memiliki lingkungan yang sehat.

“Pertimbangannya karena pelabuhan feri adalah areal publik sehingga kami merasa terpanggil untuk memberikan naungan bagi masyarakat yang punya kepentingan di sini. Karena itu, kita menanam pohon sebagai bentuk rasa peduli,” kata dia.

Baca Juga:  Gakkumdu Didesak Tetapkan Tersangka Dugaan Kecurangan di TPS 5 Desa Ngidiho, Halmahera Utara

Di sisi lain Erasmus menilai kegiatan tersebut sebagai respons terhadap isu global emergency atau bumi semakin panas. “Kemudian ini juga terwujud karena bersama mahasiswa UGM,” ujarnya.

“Semoga pohon-pohon ini bisa bertumbuh dan bisa berfaedah untuk kita semua yang ada di sini,” sambung Sekda.

Erasmus juga turut meminta semua pihak menjaga dan memelihara pohon-pohon tersebut.

Baca Juga:  BMH Malut Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Bersama Suku Pedalaman

“Mungkin ini juga bisa menjadi ikon, karena pohon yang ditanam ini adalah bunga yang sementara lagi trend, karena saat berbunga ia bisa jadi latar foto bagi yang berkunjung ke pelabuhan,” ujarnya.