News  

KPU Morotai Resmi Menggelar Bimtek Coklit Pemilihan Serentak 2024

PPK diharapkan dapat memaksimalkan proses pencoklitan jumlah DPT di Pulau Morotai. Foto: Aswan Kharie/cermat

KPU Pulau Morotai resmi menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pencocokan dan penelitian (Coklit) serta simulasi tata cara penggunaan aplikasi elektronik coklit (E-Coklit) pada pemilihan serentak tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh anggota PPK dan kepala sekretariat PPK masing-masing kecamatan dalam rangka persiapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati.

Ketua KPU Pulau Morotai, Kubais Kuto menyampaikan Bimtek ini penting untuk membantu proses pemutakhiran data pemilih atau pencocokan dan penelitian data pemilih tingkat desa.

Menurutnya, pencocokan data memang kerap menjadi masalah utama dalam setiap dinamika pemilihan baik pemilu dan pilkada.

“Artinya, jika teman-teman tidak memberikan penguatan pengetahuan terhadap PPS, maka PPS tentu tidak mampu memberikan pemahaman yang baik terhadap KPPS dalam proses pemungutan dan penghitungan suara nanti,” ujarnya.

“Sementara kita tahu data pemilih Kabupaten Pulau Morotai di Pemilu kemarin yang ditetapkan oleh KPU sebelumnya itu sebanyak 52.516 DPT,” tambah Kubais.

Ia menyebut, berdasarkan hasil pemetaan data Pemilu terakhir yang digabungkan dengan DPT Dukcapil, jiwa pilih di Pulau Morotai masih berkisar 54.468.

Artinya, kata dia, data tersebut mengalami penambahan sekitar 2000 dari 52.516 menjadi 54.468.

“Jadi kita harapkan dari data tersebut teman-teman pantarlih bisa bekerja secara maksimal sehingga data yang kita miliki itu bisa dilakukan pencocokan secara baik,” ucapnya.

Kubais menambahkan proses pencoklitan yang menggunakan aplikasi E-coklit diharapkan dapat diterapkan dengan baik oleh PPK.

Baca Juga:  Polres dan PWI Kepulauan Sula Komitmen Perkuat Sinergitas