Kunjungan ke Surabaya, Wali Kota Ternate Optimis Hadirkan Command Center: Efektif untuk Pemantauan

Pemkot Ternate saat melakukan kunjungan ke Pemkot Surabaya. Foto: Istimewa

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah melakukan kunjungan kerja di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya mempelajari big data berbasis digital smart government dan smart environment.

Kota Surabaya, Jawa Timur, menjadi tujuan karena merupakan kota dengan pengelolaan data terbaik di Indonesia.

Baca Juga:  Kehadiran IWIP Tingkatkan Pendapatan Usaha Speed Boat

Tauhid bersama jajaran Pemkot Ternate juga melakukan koordinasi terkait kegiatan APEKSI, di mana Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi sendiri merupakan Ketua APEKSI 2023-2025.

Dalam kunjungan ini Wali Kota Ternate diperkenalkan tentang command center di ruang kerja Walikota Surabaya untuk pemantauan kondisi perkotaan.

Melihat kemajuan itu, Tauhid yakin Kota Ternate sudah saatnya mempunyai Command Center, agar dapat dilakukan pemantauan pada kondisi perkotaan.

Baca Juga:  Bawaslu Halmahera Utara Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

“Suda saatnya Ternate punya Command Center supaya hal-hal yang berkaitan dengan apapun termasuk persoalan sampah yang luput dari pemantauan dinas terkait dan pihak kelurahan bisa terpantau. Selain itu, ini juga berguna untuk proses penataan ruang di setiap sudut kota,” kata Tauhid, Jumat, 2 Februari 2024.

Tauhid yang juga Wakil Ketua II APEKSI Nasional berharap kunjungan tersebut memperkuat kinerja pemkot lewat program APEKSI.

“Saya berharap kunjungan ini bisa  memperkuat kinerja pemerintah kota lewat program-program APEKSI, Serta pengaplikasian Big Data tentang pengelolaan Pemerintahan berbasis Smart Goverment dan Smart Enviroment,” pungkasnya.

Baca Juga:  Sudah Cair, Pengelolaan Dana BOS di Morotai Harus Transparan

Kunker ini juga dihadiri Sekretaris Kota (Sekkot) Ternate, Kaban BPKAD, Kaban BKPSDM, Kaban Kesbangpol, Kaban BP2RD, Kaban Keuangan, Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian, Kadis Perkimtan, Kadis Diskomsandi.

Kemudian Kepala DLH, Kadis Ketenagakerjaan, Kadisperindag dan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate.

———

Penulis : Muhammad Ilham Yahya
Editor : Rian Hidayat Husni
Sumber :