News  

Lantik 2 Kakanim, Kakanwil Kemenkumham Malut Minta Tingkatkan Kinerja 

Ignatius Purwanto memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Foto: Istimewa

Kepala Kantor Wilayah, (Kakanwil) Kemenkumham Maluku Utara, Ignatius Purwanto memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi para pejabat manajerial dan nonmanajerial, Rabu, 12 Juni 2024.

Pengambilan sumpah jabatan itu, 2 di antaranya adalah jabatan Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) yakni Kakanim Kelas II Non TPI Tobelo dan Kakanim Kelas I TPI Ternate.

Kakanim Kelas II Non TPI Tobelo sebelumnya dijabat Moch. Andri Budiman, digantikan dengan Ryo Achdar. Kini Moch. Andri Budiman kemudian kini menjabat Kakanim Kelas II Belakang Padang.

Sementara, jabatan Kakanim Kelas I TPI Ternate yang sebelumnya dijabat Putut Sukaco Nusantoro kini telah digantikan dengan Shandro, Bobby Raymon. Putut lalu dimutasi menjabat sebagai salah satu Kabid di Kanwil Kemenkumham Jawa Barat.

Ignatius Purwanto ketika ditemui cermat mengatakan, alih tugas jabatan melalui promosi atau mutasi di lingkungan Kemenkumham adalah hal wajar bagi para pejabat atau ASN sebagai kebutuhan organisasi.

“Ini hal yang biasa, Kakanim Ternate menjabat sudah lebih dari 5 tahun sehingga adanya penyegaran. Untuk Kakanim Tobelo memang belum lama tetapi itulah surat keputusan. Mereka sudah bekerja dengan baik,” jelas Ignatius.

Ignatius menilai keduanya telah menjalankan tugas dengan sangat baik, karena bisa dibuktikan selma ini tidak ada masalah yang menjadi viral.

“Dalam menjalankan tugas mereka sudah baik. Terbukti tidak ada hal-hal yang viral, dan masyarakat tidak ada yang komplain-komplain,” akuinya.

Ignatius menekankan kepada 2 pejabat baru Kakanim, agar meningkatkan kinerja untuk lebih baik dari pejabat sebelumnya, untuk melayani masyarakat dengan tulus.

“Saya yakin dan percaya bahwa para pejabat yang baru saya lantik adalah orang-orang yang mempunyai kompetensi, berintegritas, profesional, berkinerja tinggi dan mempunyai moralitas yang bagus serta mampu mengabdi. Termasuk berkomitmen terhadap sumpah jabatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di Kementerian Hukum dan HAM,” pungkasnya.

Baca Juga:  2 Pemuda di Weda, Halteng Diringkus Polisi Usai Pakai Ganja

—-

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi