News  

Mahasiswa UGM Bikin Pekan Edukasi untuk Warga Sulamadaha, Ternate

Tim KKN UGM kelompok Kelurahan Sulamaha, Kota Ternate. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menghadirkan Pekan Edukasi bagi warga Kelurahan Sulamadaha, Ternate Barat, Kota Ternate, Maluku Utara.

Giat ini menjadi program kerja tahunan Tim KKN-PPM UGM Tebar Pesona Periode II tahun 2023.

Salman Albirizal, Kordinator KKN-UGM Sulamadaha menjelaskan, rangkaian kegiatan dalam KKN tersebut direncanakan berlangsung selama 50 hari, dengan 150 program.

“Tetapi kami memfokuskan ada tiga aspek pembangunan di Sulamadaha, di antaranya insfrastruktur fisik, manusia dan digital,” kata Salman kepada cermat, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Ia bilang, 3 program pembangunan itu adalah fala baca (rumah baca), pemasangan plang di tempat wisata dan rambu papan nama.

Adapun kata Salman, mereka akan membuat website tebar-pesona.com yang dikhususkan untuk memuat informasi serta data-data di google maps terkait pariwisata, UMKM dan informasi kegiatan selama bertugas di Sulamadaha.

“Ada juga dokumen perencanaan dalam bentuk sketsa 3 dimensi yang kami buat, dengan harapan dokumen perencanaan ini nanti bisa digunakan oleh teman-teman KKN yang turun di Sulamadaha. Besar harapan kami agar nantinya pembangunan yang kami rencanakan ini bisa berkelanjutan,” cetusnya.

Sementara untuk aspek pembangunan manusia mereka menghadirkan 3 aspek, yakni kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

“Dari semua itu puncaknya ada di festival kebudayaan,” kata dia.

Mahasiswa KKN-PPM UGM berjumlah 30 orang yang terbagi ke dalam 3 kelompok dan tersebar di 3 kelurahan. Masing-masing kelurahan berjumlah 10 orang, di antaranya Kelurahan Tobololo, Sulamadaha dan Takome.

———–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Warga Keluhkan Proyek Jalan Wisata Air Terjun di Sula, Sebut Kerja Asal Jadi