News  

Malut United Wajib Menang atas Deltras untuk Pastikan Lolos ke Semifinal 

Tim Malut United berkumpul sebelum menjalani sesi latihan di Stadion Madya pada Kamis, 1 Februari 2024. Foto: Tim Media Malut United

Malut United memasuki masa-masa krusial dalam persaingan menuju semifinal Pegadaian Liga 2 2023-2024. Setelah melewati 5 laga sengit di 12 besar, Laskar Kie Raha yang tergabung di Grup Y akan melakoni pertandingan penentu atau hidup mati kontra Deltras FC.

Laga Malut United vs Deltras FC dalam matchday terakhir 12 besar Liga 2 2023-2024 dijadwalkan berlangsung di Stadion Madya, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 3 Februari 2024. Kali ini pertandingan kandang Malut United akan dimulai pukul 15.00 WIB atau 17.00 WIT.

Menjelang pertemuan kontra Deltras, Malut United terus mempersiapkan strategi, fisik, dan mental. Skuad asuhan coach Imran Nahumarury memahami betapa pentingnya raihan 3 poin saat bersua tim asal Kota Udang tersebut.

Nilai penting torehan 3 poin dalam pertandingan melawan Deltras tak lepas dari persaingan sengit yang tersaji di Grup Y. Tak ada selisih poin berarti di antara 3 tim teratas, yakni Deltras, Malut United, dan Persela Lamongan.

Deltras memimpin klasemen berkat raihan 9 poin dari 5 laga. Malut United membayangi di peringkat kedua dengan koleksi 7 poin dari hasil satu kemenangan dan 4 kali imbang.

Persela menempati peringkat ketiga dengan torehan 6 poin. Laskar Joko Tingkir unggul atas FC Bekasi City yang sudah tidak memiliki peluang lolos ke semifinal setelah menelan 2 hasil imbang dan 3 kekalahan.

Situasi di papan klasemen menunjukkan bahwa kemenangan menjadi suatu keharusan bagi Malut United. Klub kebanggaan masyarakat Maluku Utara ini wajib memenangi laga kandang kontra Deltras jika ingin lolos ke semifinal tanpa bergantung pada hasil pertandingan lain.

Apabila mampu memetik kemenangan di laga terakhir, Malut United akan naik ke puncak klasemen dengan torehan akhir 10 poin. Laskar Kie Raha otomatis bakal menggusur Deltras yang raihan poinnya tertahan di angka 9.

Baca Juga:  AMPUH: Pemkot Ternate Lemah dalam Political Will

Persela pun tidak mungkin bisa mengejar Malut United walaupun meraih kemenangan pada laga pamungkas kontra FC Bekasi City. Laga FC Bekasi City vs Persela akan digelar di Stadion Singaperbangsa, Karawang, pada hari dan waktu kick-off yang sama dengan duel Malut United vs Deltras.

Dengan demikian, kemenangan atas Deltras akan menjadikan Malut United sebagai salah satu dari 3 juara grup yang berhak tampil di semifinal. Adapun satu tiket sisa menuju babak 4 besar akan diberikan kepada runner-up terbaik dari ketiga grup.

Kans menjadi runner-up terbaik

Jika gagal memenangi pertandingan kontra Deltras, apakah Malut United bisa lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik?

Ya, Malut United masih punya kans untuk menjadi runner-up terbaik yang akan mengisi satu slot di semifinal. Namun, kemungkinan itu terbilang kecil.
Sebab, selain Malut United, ada banyak tim yang masih bisa mendapatkan gelar runner-up terbaik. Artinya, Laskar Kie Raha akan sangat bergantung pada hasil pertandingan lain di matchday terakhir 12 besar.

Malut United bisa saja lolos sebagai peringkat kedua terbaik jika mengakhiri laga kontra Deltras dengan hasil imbang. Tetapi, ada syarat yang harus terpenuhi agar kemungkinan ini terwujud.

Syaratnya, tim-tim lain yang masih berpeluang menjadi runner-up terbaik tidak meraih kemenangan pada matchday terakhir 12 besar. Tim yang dimaksud adalah Semen Padang (Grup X – 7 poin), PSIM Yogyakarta (Grup X – 6 poin), Persela Lamongan (Grup Y – 6 poin), Gresik United (Grup Z – 7 poin), dan Persewar Waropen (Grup Z – 6 poin).

Situasi dan syarat serupa juga berlaku jika Malut United takluk dari Deltras. Malut masih punya kesempatan lolos jika tim lain yang berpeluang menjadi runner-up terbaik juga kalah pada pertandingan terakhir.

Baca Juga:  10 Tembakan Malut United saat Menjamu Persela Tak Membuahkan Hasil 

Di samping itu, status kelolosan Malut United masih akan bergantung pada urutan perhitungan yang diberlakukan jika ada tim lain finis sebagai runner-up grup dengan poin sama.

Dalam regulasi Pegadaian Liga 2 2023-2024 tertulis bahwa ketentuan urutan perhitungan yang berlaku untuk menentukan runner-up terbaik dari 3 grup di 12 besar adalah jumlah poin, selisih gol, jumlah gol memasukkan atau agresivitas gol, poin fairplay, dan undian.

Saat ini, Malut United memimpin klasemen runner-up terbaik dengan keunggulan agresivitas gol atas Semen Padang. Gresik United mengikuti di peringkat ketiga dengan selisih gol lebih rendah daripada Malut United dan Semen Padang.

Terlepas dari adanya peluang lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik, Malut United tetap bertekad memenangi laga terakhir kontra Deltras agar tak bergantung pada hasil pertandingan lain. (RLS)

—–

Editor: Ghalim Umabaihi