News  

Mudik Lebaran, Penumpang di Pelabuhan Feri Gorua Halmahera Utara Membludak

Antrean panjang di Pelabuhan Feri Gorua jelang lebaran. Foto: Agus/cermat

Aktivitas penumpang di Pelabuhan Feri Gorua, Kecamatan Tobelo Utara, Halmahera Utara, Maluku Utara pada Senin, 8 April 2024 terpantau padat jelang dua hari sebelum pelaksanaan Idulfitri 1445 Hijriah.

Kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Morotai dan Halmahera Timur terlihat mengantre untuk dapat masuk ke kapal.

Terkait hal itu, Supervisor Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Tobelo, Arif Budiman mengatakan, volume penumpang dan kendaraan menuju Gorua-Morotai dan Gorua-Subaim mulai terlihat padat.

“Pantauan kami hari ini penumpang dan kendaraan sudah mulai padat oleh pemudik menuju pulau Morotai dan Halmahera Timur,” kata Arif kepada cermat.

Arif menjelaskan, untuk mempercepat pemudik menyeberang, pihaknya akan melakukan ekstra trip atau ekstra tambahan agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

“Jadi nanti kami akan berkoordinasi dengan pihak kapal agar bisa menambah trip, jika saja ini belum teratasi kami akan gerakkan KMP Ngafi setelah melakukan pelayaran dari Subaim. Tetapi kami memaksimalkan dulu KMP Bobara untuk ekstra trip,” jelasnya.

Arif menyebut jumlah penumpang hari sebelumnya masih sepi apalagi beberapa hari lalu ada perayaan paskah sehingga penumpang dan kendaraan masih sepi, sementara untuk H-3 lebaran volume penumpang sudah ada pergerakan yang signifikan untuk peningkatan.

“Hari ini sudah mulai ada nampak ramainya penumpang dan kendaraan,” ujarnya.

Arif berharap ke depan dengan adanya ASDP di Tobelo Gorua ini bisa memberikan kontribusi kemajuan bagi Halmahera Utara, Pulau Morotai dan Halmahera Timur, “semoga kedepannya perekonomian semakin hari semakin meningkat, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin membaik,” tutup dia.

Baca Juga:  Musrenbang RPJPD 2025-2045, Pemda Taliabu Prioritaskan 5 Poin Ini