News  

Orang Moti Gelar Workshop Pembuatan Minyak Goreng dan VCO

Ikram Sangaji (topi putih) dan Ramli, sebagai fasilitator, berbagi pengetahun tentang pembuatan mintak kelapa. Foto: Irfan Ahmad/cermat

Orang Moti (OTI) Production, salah satu komunitas yang baru terbentuk, menggelar workshop pembuatan minyak goreng dari buah kelapa dan Virgin Coconut Oil (VCO).

Workshop tersebut salah satu rangkaian kegiatan dari gelaran Moti 1322 Bersuara, yang dilaksanakan di Moti, Ternate, Maluku Utara, Jumat, 11 Agustus 2023.

Dalam kesempatan itu, ASN dari Disperindag Maluku Utara (Malut) yakni Ramli dan Ikram Sangaji, dipanggil menjadi fasilitator, untuk berbagi pengetahuan tentang pembuatan minyak goreng dan VCO bersama warga. Minyak goreng yang dibuat pun telah memiliki label dengan brand Goni.

Groni adalah singkatan dari Goroho Niwi, dalam bahasa yang berasal dari Tidore dan Taba (Pulau Makeang).

Ikram, salah satu Fasilitator mengatakan, ia senang bisa berbagi edukasi dengan warga, bagaimana memproduksi minyak kelapa unggul, dengan cara sederhana yang nantinya siap bersaing di pasar.

“Pada kegiatan Moti 1322 Basuara ini Alhamdulillah saya dan Pak Ramli berbagi pengetahuan dan pengalaman kami kepada warga. Semoga ke depan dari workhsop ini terus dikembangkan warga Moti, sehingga Moti punya produk unggulan tersendiri berupa Groni,” harap Ikram.

Ia juga senang, lantaran warga Moti sangat antusias mengikuti pelatihan.

“Alhamdulillah sambutan warga cukup luar biasa pada workhshop ini,” tambahnya.

Sementara, Koordinator kegiatan Moti 1322 Basuara, Budi Janglaha mengatakan, kegiatan ini diharapkan punya dampak ekonomi ke warga Moti secara langsung. Salah satunya dengan pembuatan minyak kelapa Groni.

“Alhamdulillah agenda perdana pada kegiatan Moti 1322 Basuara ini mendapat antusias warga di Moti. Kita berharap dari pelatihan hari ini, nantinya warga dapat pengetahuan untuk ke depannya dapat mengembangkan minyak kelapa dengan kemasan yang kita beri nama Groni, sebagai salah satu minyak kelapa khas dari Moti,” kata Budi.

Baca Juga:  Praktisi Hukum Desak Satgas Saber Pungli Usut Dugaan 'Jatah Preman' di Pedagang

Budi bilang, kedua pemateri akan membantu warga dan memberikan pendampingan terkait cara memproduksi minyak kelapa dan VCO.

Saihu OTI, Wahyu Taha mengapresiasi kedua pemateri yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan kepada warga di Moti.

“Atas nama rekan-rekan Oti, kami menyampaikan terima kasih kepada bang Ramli dan bang Ikram yang sudah berbagi pengetahuan di kegiatan Moti 1322 Basuara,” tandasnya.

Penulis: Faris Bobero