Pemda Halut dan Telkomsel Sukseskan Pemilu 2024

Kadiskominfo Halut Rymond Batawi

Dengan adanya Pesta Demokrasi di Rabu 14 Februari 2024. Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara bersama Telkomsel mendukung suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 khususnya di Bumi Hibualamo, hal ini disampaikan Bupati melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Halmahera Utara, Rymond Batawi, SP, MCs, usai rapat pemantapan pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024, di kantor Bupati Halut, pada Selasa (13/02/2024).

Setelah berkoordinasi bersama. Pihak Telkomsel dan Pemerintah daerah menyediakan Posko pemantauan untuk pelayanan data online selama pemilu berlangsung, tidak terjadi ganguan untuk kepentingan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Saat di Konfirmasi media ini Via WhatsApp, Supervisor Telkomsel Maluku Utara, Muh Haydir mengatakan, “Ada titik-titik tertentu untuk diamankan, seperti Tower yang berskala besar. Kita dari pihak Telkomsel sendiri ada beberapa Posko yang didalamnya Orang Telkomsel sendiri yang melakukan pengawasan, untuk memastikan tidak adanya gangguan Sinyal disaat Pemilu berlangsung,” ungkap Supervisor

Mewakili Bupati Halut, Kepala Diskominfosan menuturkan, “Jadi prinsipnya Telkomsel memberikan informasi kepada Pemda Halut terkait kesiapan menghadapi pemilu pada tanggal 14 Februari dengan menyediakan posko pemantauan sinyal dibeberapa titik di Halmahera Utara. Pemda Halmahera Utara juga menyediakan Internert gratis untuk kepentingan Pemilu Serentak Tahun 2024, selama kurang lebih Lima hari terhitung Tanggal 12-16 Februari 2024, yang berlokasi di Studio, Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Halmahera Utara, Jalan Kawasan Pemerintahan Nomor 1A, Tobelo, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara,” ungkap Kadis kepada Wartawan.

Petugas dari Telkomsel akan membackup data online selama pemilu berlangsung.

Ditambahkan Supervisor Telkomsel Maluku Utara, Sangat mendukung Pemilu 2024 ini. Dari Telkomsel menyediakan tiga hal, yakni monitoring teknik selama 24 jam untuk memonitor tower yang ada di Halut, menyediakan tim teknik yang standby di pos yang sudah disiapkan dibeberapa titik.

Baca Juga:  Bupati Bassam Kasuba Resmikan Perhelatan Obi Fishing Tournament 2024

“Apabila terjadi ganguan atau kerusakan di tower yang berskala besar, maka dengan cepat teknisi memperbaikinya. Pelayanan Telkomsel juga menyediakan tim mobile backup tower dimana jika listrik PLN padam, maka tim akan cepat ke tower untuk membackup tower sehingga bisa hidup kembali,” tutupnya. (ADV)

Penulis: Agusalim Abas