Pemilih Pemula di Sula Antusias Ikut Sosialisasi Sadar Politik

Pelaksanaan sosialisasi sadar politik oleh Pemda Kepulauan Sula. Kegiatan ini diikuti oleh pemilih pemula yang mayoritas adalah pelajar sekolah menengah atas. Foto: Ijat/cermat

Pemerintah Daerah Kepulauan Sula, Maluku Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) resmi menggelar sosialisasi sadar politik dan berkarakter bebas yang diikuti pelajar menengah atas di Gedung Taufik Center Desa Fatce, Kota Sanana, Senin, 24 Juni 2024.

Kegiatan tersebut bertujuan mendorong pemilih pemula dapat memahami pengetahuan politik, terutama dalam menggunakan hak suara mereka di pemilihan umum serentak tahun 2024 mendatang.

Kepala Bidang Kesbangpol Kepulauan Sula, Iwan Junaidi Gailea mengatakan, giat ini dimaksudkan sebagai upaya memberi pemahaman politik kepada generasi muda.

“Kami mengajak pemilih pemula agar dapat menggunakan hak suara mereka dengan baik. Sebab, merekalah yang nantinya akan melahirkan pemimpin berkualitas,” kata Iwan kepada cermat, Senin, 24 Juni 2024.

Pemimpin berkualitas, kata Iwan, tentu saja dapat menghasilkan strategi dan kebijakan yang baik dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, Iwan mengaku kegiatan ini merupakan upaya Pemda Kepulauan Sula menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman kepada generasi muda tentang bagaimana politik itu dimaknai.

“Sasaran utama kita adalah membangun masyarakat yang cerdas dalam berpolitik dengan indikator mengetahui dengan baik hak dan kewajiban dalam menyalurkan aspirasi politik, partisipasi, bertanggung jawab, serta berkolaborasi dalam mewujudkan praktek demokrasi yang jauh berkualitas demi kemajuan masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat berdampak positif bagi pemilih pemula dan masyarakat Kepulauan Sula secara keseluruhan.

“Semoga giat ini bermanfaat untuk kita semua, lebih khususnya bagi para pelajar sebagai pemilih pemula dan menghasilkan generasi muda yang bebas,” tutupnya.

Baca Juga:  Gakkumdu Didesak Tetapkan Tersangka Dugaan Kecurangan di TPS 5 Desa Ngidiho, Halmahera Utara