Tanpa Papan Proyek, Pekerjaan Saluran Air di Ternate Ini Dikeluhkan Warga 

Proyek saluran air di Kelurahan Soa Sio. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Proyek pekerjaan saluran air di tepi jalan Sultan Baabullah, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Maluku Utara dikeluhkan sejumlah warga.

Pasalnya, beberapa pohon besar yang berada di tepi jalan tersebut akarnya telah digali dan dipangkas untuk membuat saluran air.

Torang (kami) rasa was-was kalau pas angin kencang, takut pohon yang ada di sebelah itu dia rubu (roboh),” ungkap salah satu warga yang enggan namanya disebutkan, kepada cermat, Sabtu, 23 September 2023.

Ia mengatakan, proyek tersebut telah dikerjakan kurang lebih sudah seminggu.

“Tidur malam juga tara (tidak) sono, takut pohonnya roboh. Belum lagi pohon itu tepat di jalan umum, sangat membahayakan untuk pengendara kalau hujan dan angin,” katanya.

Pantauan cermat, proyek yang berada di RT 06/RW 03 tersebut tidak ada papan proyek yang terpasang. Tak hanya itu, sejumlah material pasir pengerjaan proyek juga berhamburan di jalan yang sangat membahayakan bagi pengendara.

“Proyek ini PUPR Kota Ternate punya, kalau untuk papan proyek torang (kami) tidak tahu. Nanti tanya di bos saja,” ujar Khoces, salah seorang pekerja proyek.

Ia bilang, proyek tersebut merupakan paket yang sama dengan proyek yang ada di Kelurahan Tubo.

“Proyek ini satu peket dengan proyek di tubo belakang kampus, coba cek di sana saja mungkin ada papan proyek di sana,” katanya.

Kru cermat juga mengecek lokasi yang dimaksud, tetapi tampak proyek yang ada di RT/03 RW/01, Kelurahan Tubo itu tidak memiliki papan proyek seperti yang dikatakan.

Sampai berita ini dimuat, cermat masih berupaya mengonfirmasi Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M Nur Taib.

——

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  ICMI Maluku Utara: Pernyataan Kadisperindag Ternate Rasis dan Provokatif