Wali Kota Ternate Paparkan Konsep Ekonomi Kreatif pada ICCF 2021

Wali Kota Ternate saat presentase pada acara ICCF di Pekanbaru. Foto: Istimewa

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata, Rizal Marsaoly, mengikuti acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) tahun 2021 yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada 26-29 November 2021.

Pada rangkaian kegiatan Forum Pemimpin Kreatif dihadiri langsung lima kepala daerah, masing-masing, Wali Kota Payakumbuh, Wali Kota Banjarmasin, Wali Kota Padang, Wali Kota Kendari, dan Wali Kota Ternate.

M Tauhid Soleman, dalam kesempatan itu memaparkan empat poin rencana kegiatan ekonomi kreatif atau ekraf dalam acara ICCF 2021.

“Pengembangan dan revitalisasi prasarana kota kreatif, di antaranya penyediaan prasarana zona kreatif, ruang kreatif, dan kota kreatif, sebagai ruang berekspresi, berpromosi, dan berinteraksi bagi insan kreatif di daerah kabupaten/kota,” kata Tauhid.

“Pelaksanaan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif. Fasilitasi proses kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, dan konservasi ekonomi kreatif,” sambungnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly, mengatakan, para pemimpin daerah di acara tersebut berkomitmen dalam berbagai upaya memuliakan kreativitas masyarakat serta memajukan produk lokal.

Menurutnya, meski sempat terkendala dengan pandemi COVID-19, namun ICCF sebagai program tahunan ICCN ini akhirnya dapat kembali diselenggarakan.

Dalam acara tersebut, lanjut Rizal, pembahasannya beragam topik termasuk mengenai pentingnya menghadapi kondisi Indonesia sekarang hingga pascapandemi, serta memastikan keberlanjutan komitmen untuk mewujudkan kabupaten dan kota kreatif.

“Serta menjamin terlaksananya 10 prinsip kota/kabupaten kreatif demi kemaslahatan masyarakat,” jelasnya.

Dalam acara itu, Wali Kota Ternate, juga memberikan suvenir kepada Menteri BUMN, Erick Thohir, berupa miniatur parang, salawaku, dan ngana-ngana. Suvenir ini merupakan hasil karya pengrajin kreatif lokal bernama Rahmat dari Kelurahan Dufa-dufa, Kecamatan Ternate Utara.

Dalam momentum itu, Menteri BUMN Indonesia, Erick Thohir, turut menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Ternate.

Baca Juga:  Realisasi Investasi DPMPTSP Kota Ternate pada Triwulan I 2024 Capai 56 Miliar

“Saya mau ke Kota Ternate Pak Wali,” kata Erick Thohir saat berbincang dengan Tauhid. (SAR)

Penulis: Sansul SardiEditor: Rajif Duchlun