BKKBN dan TNI AU Kolaborasi Atasi Stunting di Maluku Utara

Audiens BKKBN dengan TNI AU. Foto: Istimewa

Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto melaksanakan audiensi dengan Danlanud Leo Watimena saat melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara, Selasa, 10 Juli 2024.

Dalam kesempatan ini, Bonivasius menyampaikan pentingnya pemberian makanan bergizi bagi ke keluarga beresiko stunting.

“Terkait pemberian uang ke sasaran beresiko stunting di lapangan menimbulkan masalah, karena bantuan yang seharusnya diperuntukkan untuk beli makanan yang bergizi tetapi dibelikan hal lain. Misalnya rokok, akhirnya di ubah pola pemberian bantuannya dengan bahan makan yang bergizi seperti telur dan susu,” kata Boni.

Selanjutnya, Kolonel Penerbang Sukarno menyampaikan bahwa Babinsa di Pulau Morotai telah melakukan intervensi terhadap keluarga beresiko stunting di setiap desa.

Beberapa kegiatan telah dilaksanakan oleh Babinsa seperti pemberian makanan yang terbuat dari daun kelor, mensosialisasikan makan buah dan sayur, serta melatih ibu-ibu memasak berbagai olahan yang sehat.

Dalam hal penyediaan air bersih, Danlanud Leo Watimena bekerja sama dengan PU merencanakan revitalisasi mata air di desa Nakamura, yang nantinya menjadi sumber air bersih bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara, Nuryamin menyampaikan pentingnya pemberian edukasi makanan sehat dan bergizi bagi masyarakat agar upaya penurunan stunting yang terus kita laksanakan dapat terlaksana dengan baik.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Babinsa Desa Cucumare yang telah meraih penghargaan atas prestasi dalam implementasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023.

“Kami berkomitmen berserta seluruh prajurit untuk mendukung dan mensukseskan program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Morotai. Dengan menghimbau dan mengajak masyarakat untuk selalu berkunjung ke posyandu memeriksakan anaknya dan Ibu Hamil,” ujar Akmal.

—-

Baca Juga:  Pemda Halut dan Telkomsel Sukseskan Pemilu 2024

Penulis: Tim cermat

Editor: Ghalim Umabaihi