News  

Camat Ternate Tengah Diskusi dengan Musisi Jalanan

Fahmi Basah, Camat Ternate Tengah saat berdiskusi dengan musisi jalanan. Foto: Balo/ Gen Z

Fahmi Basa, selaku Camat Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara, punya perhatian serius terharap orang muda—musisi jalanan di wilayahnya. Tepatnya di belakang Jatiland Moll, lokasi kuliner di tengah kota itu.

Bagi Fahmi, teman-teman musisi jalan sebagian besar tidak sekadar ngamen. Mereka punya talenta, yang perlu disuport. Sebab itu, pada Kamis, 16 Mei 2024 kemarin, Fahmi akhirnya melakukan pertemuan dengan belasan musisi jalanan di Blok M (Peyebutan lokasi kuliner di belakang Jatiland Moll Ternate).

Saat berdiskusi malam itu, Fahmi mendapati, bahwa ternyata, kebanyakan orang melihat mereka, musisi jalan sekadar ngamen ini, punya banyak pengalaman pahit-manisnya di jalanan. Selain itu, ada beberapa yang sempat mengelola perkumpulan seperti Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ), yang justeru membantu ruang publik kota.

“Ketika saya berdiskusi, ternyata, teman-teman musisi jalanan ini, punya banyak gagasan, yang sangat tepat jika dikembangkan di pusat destinasi wisata kuliner. Sebab itu, kedepan, saya akan berusaha bersama teman-teman musisi jalanan untuk merancang konsep ini,” kata Fahmi kepada cermat, Sabtu, 18 Mei 2024.

Fahmi bilang, teman-teman musisi jalanan juga akan berkolaborasi dengan Gen Z, untuk saling berbagi pengetahuan tentang dunia musik. Selain itu, bakti sosial juga akan dilakukan dan melibatkan berbagai stakeholder. “Nanti kita lihat aksi kebaikan ini kedepannya,” katanya.

Sementara itu, Ancu, salah satu musisi jalanan di Ternate mengatakan, konsep untuk mengembangkan musisi jalanan di Kota Ternate, pernah ia suarakan ke salah satu pemerintah di Kota Ternate. Namun, belum juga diserspons.

Ancu bilang, ini kesempatan untuk mengatur manajemen teman-teman musisi jalanan. Selain itu, kata Ancu, niat baik Camat Terante Tengah ini, akan dijalankan bersama teman-teman musisi jalanan.

Baca Juga:  Sinergitas TNI-Polri di Ternate, Ratusan Kantong Miras Diamankan

Iki, salah satu musisi jalanan bilang, ia punya pengalaman juga melihat beberapa teman-teman musisi jalanan di luar Kota Ternate, yang punya kontribusi terhadap daerah. Misalnya, ada yang mengurus kebersihan di lokasi ngamen, hingga mengatur lalulintas agar tidak ada parkiran semeraut.

Penulis: Faris Bobero