News  

DPD-DPC Demokrat Saling Klaim Surat Tugas Bakal Calon Wali Kota Ternate

DPC Partai Demokrat Kota Ternate. Foto: Istimewa

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Ternate Heni Sutan Muda menyatakan penyerahan surat tugas DPP Demokrat kepada bakal calon Wali Kota Ternate Santrani Abusama bersifat tunggal.

Sebelumnya, surat tugas ini diserahkan langsung oleh Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arif di Jakarta, pada Selasa, 21 Mei 2024.

Menurut Heni, surat DPP yang dialamatkan kepada Santrani merupakan surat tugas yang bersifat tunggal.

“Setahu saya yang dapat surat itu baru pak Santrani. Memang saya baca di media ada pak Tauhid, hanya saja saya belum sempat melihat langsung, sebagai ketua DPC sampai saat ini belum disampaikan ke saya,” ungkap Heni, Rabu, 22 Mei 2024.

“Memang surat tugas ini katanya juga diberikan ke Pak Tauhid dan Nasri Abubakar, namun sejauh ini saya tidak tahu. Dan apa yang saya sampaikan ini sesuai dengan apa yang saya lihat, saya saksikan dan bukan dari media,” sambungnya.

Heni menyebut DPP Partai Demokrat sendiri memerintahkan Santrani segera menjajaki partai koalisi serta memantapkan wakil yang akan mendampinginya saat Pilwako Ternate.

Santrani juga diminta melaporkan hasil survei terkini dan partai politik yang sudah diperoleh kepada pihak DPP.

“Setelah tahapan-tahapan itu terpenuhi maka beliau (Santrani) berpeluang mendapat rekomendasi atau B1 KWK,” ucap Heni.

Sementara Direktur Eksekutif, M Ardiyansyah mengaku bahwa DPP Partai Demokrat telah mengeluarkan surat tugas kepada pasangan Tauhid Soleman dan Nasri Abubakar pada 6 Mei 2024 lalu.

“Ya memang surat tugas yang dikeluarkan oleh DPP itu kepada Tauhid dan Nasri pada tanggal 6 Mei dengan batas waktu sampai dengan tanggal 7 Juni,” kata dia.

“Melalui surat itu, DPP memberikan tugas kepada Tauhid Soleman dan Nasri Abubakar sebagai calon walikota dan wakil walikota, di mana dalam poin pertama Tauhid dan Nasri ditugaskan agar melakukan konsolidasi dan komunikasi politik dengan partai-partai lain guna melengkapi kuota 20 persen sebagaimana peraturan per UU yang berlaku,” paparnya.

Baca Juga:  Anggota DPRD Halsel Minta KMP Maming Utamakan Layanan Penumpang, Bukan Alat Berat

Ia menegaskan sejauh ini DPP Demokrat baru mengeluarkan surat tugas khusus Kota Ternate ke pasangan Tauhid Soleman dan Nasri Abubakar.

“Sampai saat ini khusus untuk Partai Demokrat Kota Ternate baru mengeluarkan surat tugas untuk paket walikota dan wakil walikota Tauhid Soleman dan Nasri Abubakar, dan itu usulannya dari DPD. Dan untuk kandidat yang lain sampai hari ini belum ada,” ujarnya.