News  

Gelar Sispamkota, Polres Taliabu Siap Wujudkan Pemilu Damai di 2024

Anggota Polres Pulau Taliabu saat melakukan Sispamkota. Foto: Istimewa

Polres Pulau Taliabu, Maluku Utara melakukan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taliabu.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus, TNI/Polri, sejumlah Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kapolres Pulau Taliabu, AKBP Totok Handoyo dalam ksempatan tersebut, menyampaikan operasi Sispamkota dilakukan untuk mewujudkan pemilu damai pada 2024 mendatang.

“Simulasi ini sebagai gambaran nyata kepada masyarakat agar kami dapat mempersiapkan personil. Terutama dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi di pengamanan pemilu mendatang,” kata Totok kepada cermat, Senin, 16 Oktober 2023.

Operasi Sispamkota itu, sambung Totok, KPU adalah benteng terakhir, dan kepolisian penjaga dari benteng tersebut.

“Baik itu kantor, perangkat dan logistik KPU, sehingga marwah Pemilu di 2024 bisa sama-sama terjaga dan damai,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan umum sebagai tanda berdemokrasi, di mana masyarakat menentukan pemimpinnya. Tapi pesta demokrasi yang akan berlangsung tersebut memiliki kerawanan.

“Maka para kamtibmas dapat tingkatkan intensitas pada kegiatan politik ini. Karena, potensi kerawanan dapat memecah belah bangsa,” cetusnya.

Ia mengaku Polri telah berkomitmen dan tulus bekerja keras untuk menjamin pemilu 2024 berjalan dengan aman dan kondusif.

“Keberhasilan pemilu di 2019 adalah salah satu referensi penting dalam pengamanan,” tandasnya.

——
Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  PBB Kota Ternate Buka Penjaringan Bakal Calon Wali Kota, Ini Jadwalnya