Gerakan Nasional 1000 Starup Digital Jadi Lumbung Prestasi Anak Muda Maluku Utara

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang berlangsung di Aula Nuku, Universitas Khairun. Foto: Istimewa

1000 Startup Digital berpotensi menjadi pendorong ekonomi yang memicu semangat kewirausahaan di bidang startup untuk Maluku Utara. Pernyataan ini disampaikan dengan antusias oleh Abdullah M Saleh, Pj Sekretaris Daerah Kota Ternate, dalam acara Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang berlangsung di Aula Nuku, Universitas Khairun, pada Selasa, 21 November 2023.

Abdullah menekankan pentingnya generasi muda Maluku Utara terus mengasah bakat dan prestasi mereka di dunia digital. Tujuannya adalah untuk membawa nama baik Maluku Utara ke tingkat nasional, dan salah satu jalannya adalah melalui program Gerakan Nasional 1000 Startup.

Di kesempatan yang sama Rektor Unkhair Ternate M. Ridha Ajam melihat potensi besar Maluku Utara dalam pengembangan teknologi digital. Oleh karena itu, ia mengajak semua peserta roadshow untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan kesejahteraan daerah.

 

Ridha juga menyadari adanya dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi informasi saat ini. Semua urusan menjadi lebih mudah dan cepat, seperti memesan makanan atau barang lainnya hanya dengan menggunakan ponsel.

Hal ini menunjukkan kemajuan teknologi informasi digital yang diharapkan dapat memanfaatkan potensi yang ada di daerah mereka. Ia pun berharap mahasiswa dan generasi muda lainnya akan aktif berperan dalam memajukan ekonomi digital Indonesia.

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang berlangsung di Aula Nuku, Universitas Khairun. Foto: Istimewa

Sementara itu, Sausan Putri, MEI operational manager Gerakan Nasional 1000 Startup Hub Maluku Utara, menjelaskan bahwa program ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) dengan tujuan utama memfasilitasi generasi muda dalam mengembangkan bakat digital dan berinovasi untuk menjawab tantangan yang ada di daerah mereka.

“Program ini memiliki tujuan besar, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dengan membimbing para generasi muda Indonesia agar mampu menciptakan startup digital yang dapat mengatasi permasalahan bangsa dan menjadi startup yang berkelanjutan,” ujarnya dengan semangat.

Baca Juga: AMSI Dukung Optimalisasi Kecerdasan Buatan di Dunia Bisnis dan Digital

Peserta dalam roadshow ini berasal dari berbagai kalangan, termasuk siswa SMK, mahasiswa, dan perwakilan dari komunitas yang ada di Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga:  Bupati Halut Pimpin Rapat Persiapan Pemantapan Pemilu 2024

Dalam sesi perkenalan tentang startup, materi disampaikan oleh Varrel Vendira, Human Capital Communication Blibli, dan Dita Aisyah, Co-Founder & Chief Business Development Officer Binar Academy (PN).

———

Editor: Rian Hidayat