Gereja Betlehem di Gane Timur Tengah Diresmikan Setelah Dibangun 14 Tahun

Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba bersama masyarakat usai meresmikan rumah ibadah di Desa Matutin Tanjung. Foto: Istimewa

Peresmian Gereja Betlehem Desa Matuting Tanjung, Gane Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara, merupakan momen bersejarah bagi masyarakat setempat. Pasalnya gereja ini dibangun sejak 2011.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja, Panisumus Kilaong mengatakan, gereja yang menghabiskan anggaran 1,3 miliar tersebut, dibangun dengan semangat gotong royong untuk mewujudkan impian memiliki rumah ibadah yang layak dan representatif bagi umat Kristiani di Desa Matuting Tanjung.

“Hari ini adalah momen bersejarah bagi kami. Kami bersyukur dan bahagia atas kehadiran Bupati Bassam Kasuba dan Ibu, dalam peresmian gereja yang yang dibangun kurang lebih 14 tahun, dan hari ini sudah diwujudkan,” ucap Punisumus.

Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba, saat meresmikan rumah ibadah di Desa Matutin Tanjung. Foto: Istimewa

Sementara, Pdt Helen Sahureka, Koordinator Wilayah Gane Timur Utara dan Tengah, mengapresiasi Bupati Halsel, Bassam Kasuba dan Ibu dalam peresmian Gereja Betlehem. “Sangat luar biasa Bupati Basam Kasuba, yang sangat perhatian terhadap umat Kristiani Halmahera Selatan,” katanya.

Baca Juga:  DPMPTSP Ternate Sosialisasikan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko

Sementara itu, Bupati Halsel, Hasan Ali Basam Kasuba, dalam kesempatan tersebut memperkenalkan istrinya sebagai bagian dari keluarga yang ikut hadir dalam peresmian gereja itu. Ia meminta keluarga di Matuting Tanjung untuk kenal lebih dekat dengan istrinya dan juga mendampinginya memperkenalkan adat istiadat keluarga.

“Saya hari ini sangat bahagia, kebahagian ini karena bisa hadir bersama-sama keluarga meresmikan rumah ibadah bagi keluarga Kristiani di desa Matuting Tanjung. Saya juga inggin memperkenalkan istri saya yang merupakan bagian dari keluarga semua yang ada di sini. Harapan saya bisa dibantu perkenalkan adat istiadat kita disini,” kata Basam.

Peresmian ini, lanjut Bassam, menjadi momentum penting dan bersejarah bagi masyarakat Desa Matuting Tanjung dan juga momentum memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Halmahera Selatan. Ia mengaku Pemerintah Daerah akan terus memberi support terhadap kegiatan pembangunan rumah ibadah baik Muslim maupun Kristiani. (ADV)

—–

Penulis : Safri Noh
Editor : Ghalim Umabaihi
Sumber :