News  

HMI Desak Pemda Morotai Ambil Langkah Cepat Tangani Masalah Banjir

Banjir menerjang kawasan desa di Morotai. Foto: Istimewa

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Pulau Morotai, Maluku Utara, meminta pemerintah daerah segera bertindak cepat menangani masalah banjir di sejumlah desa.

Ketua HMI Cabang Persiapan Morotai, Afrizal Kharie menilai pembangunan sejumlah drainase yang terkesan serampangan membuat air mudah meluap saat hujan deras.

“Ini adalah salah satu bentuk kegagalan pemerintah daerah yang serampangan membangun topografi dan drainase sehingga air tidak dapat mengalir dengan baik, hingga banjir harus masuk pada wilayah pemukiman warga dan sekolah,” tutur Afrizal kepada cermat, Rabu, 26 Juni 2024.

Baca Juga: Hujan Deras, Puluhan Rumah di Morotai Terendam Banjir

Dia pun menegaskan Pemda Morotai harus melakukan tindakan pencegahan agar aktivitas masyarakat kembali normal.

“PJ Bupati juga harus turun dan memberikan sentuhan kepada masyarakat korban banjir bukan hanya diam dan menerima laporan,” ucapnya.

HMI berharap dengan terjadinya banjir ini, pemerintah dapat mengevaluasi dan mengkaji penyebab serta langkah yang disiapkan ke depan jika masuk musim hujan lagi.

“Pemerintah Pulau Morotai serta Forkopimda harus serius memperhatikan itu, supaya masyarakat merasa tertolong dan mendapat bantuan,” ujarnya.

Baca Juga:  Event Moti Bersuara Siap Digelar, Ada Konser hingga Promosi Wisata