News  

Ikut Rakor Nasional, Diskominfo Taliabu Harap Layanan Internet di Daerah Bisa Terjangkau

Rapat Koordinasi yang digelar Kementerian Kominfo di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: Istimewa

Diskominfo Pulau Taliabu, Maluku Utara turut menghadiri Rapat Koordinasi (Rakoor) bersama Kementerian Kominfo di Makassar.

Rapat yang dihadiri perwakilan 40 kabupaten dan kota di Indonesia ini, membahas peningkatan layanan internet di daerah.

Sekretaris Dinas Kominfo Pulau Taliabu, Suparno mengatakan, Rakor bersama tersebut dikhususkan bagi pejabat pemerintah daerah.

“Rakor yang kami ikuti ini dalam rangka membahas peningkatan pelayanan infrastruktur telekomunikasi dan program pendukungnya yang merupakan program ‘Tol Langit’,” kata Suparno kepada cermat, Rabu, 06 September 2023.

Program ini bertujuan menyediakan akses internet dan fasilitas publik di wilayah 3T (tertinggal, terpencil, dan terluar).

Ia bilang, salah satu program unggulan dalam Rakor adalah peningkatan pelayanan program ‘Tol Langit’ melalui Layanan Satelit Satria-1.

“Program layanan Satria-1 ini menyasar dan bermanfaat bagi sekolah, rumah sakit, TNI/Polri dan pihak lainnya yang membutuhkan akses internet,” jelasnya.

Suparno melihat banyak kekurangan di Pulau Taliabu yang menjadi hambatan dalam mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya di wilayah 3T.

Karena itu, pihaknya berharap program Tol Langit pada layanan Satria-I dapat segera direalisasi.

“Sehingga wilayah yang tidak tersentuh jaringan dapat diperbantukan oleh program ini, karena mengingat di era digitalisasi, internet sudah menjadi kebutuhan pokok,” tandasnya.

———

Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Editor: Rian Hidayat Husni