News  

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Halut Gelar TOT Bagi Saksi Partai Peserta Pemilu

Suasana TOT peserta saksi partai. Foto: Agus/cermat

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara menggelar Training Of Trainer (TOT) peningkatan kapasitas serta manajemen pengetahuan saksi peserta pemilu tahun 2024.

TOT yang digelar bagi saksi partai politik se-Kabupaten Halmahera Utara ini dipusatkan di Hotel Bryken Tobelo, pada Rabu, 7 Februari 2024

Ketua Bawaslu Halut Ahmad Idris mengatakan, kegiatan TOT ini dilakukan dalam rangka penguatan saksi partai politik, saksi pasangan calon presiden, DPD, dan lainnya.

“Perlunya kegiatan ini dilaksanakan agar teman-teman saksi akan mengawasi betul proses pemungutan suara di TPS dengan hadir dan melakukan pengawasan secara langsung. Sehingga, apa yang dihasilkan nanti pasca-pemilu sesuai dengan demokrasi sebagaimana yang kita harapkan,” terangnya.

Ahmad berharap, setelah kegiatan ini partai politik dapat memberikan penguatan juga kepada saksi-saksinya yang ditugaskan di hari pemungutan suara agar ketika melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan ketentuan. Dengan begitu, pemilu yang dilaksanakan pada 14 Februari nanti dapat berjalan dengan baik jujur dan adil.

“Besar harapan kami dari Bawaslu, mereka yang nantinya ditugaskan oleh partai peserta pemilu, termasuk tim Paslon ini merupakan orang-orang yang bertanggung jawab dan semangat untuk mengawal apa yang ditugasi oleh pemberi mandat,” harapnya.

Dalam pelatihan ini, Bawaslu menghadirkan sejumlah pemateri, di antaranya anggota KPU Halut Divisi Teknis Sefriando Bitakono, yang  membawa materi terkait tatacara pemungutan suara dan Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Halut Alfred Mainase, menyaampaikan materi potensi kerawanan dan isu krusial di TPS.

—–

Penulis: Agus Salim Abas

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Aksandri Soroti Gaji Dokter dan Nakes di RSUD Tobelo, 5 Bulan Tidak Dibayar