News  

Kapolda Malut Turut Peduli Masalah Sampah di Kota Ternate

Kapolda Maluku Utara resmikan tungku pembakar sampah. Foto: Humas Polda

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol Midi Siswoko turut mengambil bagian dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Ternate.

Komitmen Midi tersebut, dibuktikan dengan meresmikan tungku pembakaran sampah sekaligus penandatanganan deklarasi peduli lingkungan bebas sampah, yang dipusatkan di Asrama Polisi, pada Rabu, 31 Mei 2023.

Irjen Midi dalam sambutannya mengatakan, langkah tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Polda Maluku Utara dalam mengatasi masalah sampah di Maluku Utara, khususnya di wilayah Kota Ternate.

“Inisiasi terkait pembuatan tungku pembakaran sampah ini, berawal ketika saya baru datang ke Kota Ternate. Saya melihat banyak tumpukan sampah di pinggiran jalan, dan ketika hujan, sering terjadi banjir yang membawa banyak sampah hingga ke laut,” ucapnya.

Midi berharap, dengan adanya tungku pembakaran ini, dapat memberikan solusi terkait permasalahan sampah di Maluku Utara. Karena bagi pihaknya,  tungku pembakaran sampah itu telah dirancang agar sampah rumah tangga dapat dibakar dengan sempurna. 

“Selain tungku, Polda Maluku Utara juga akan membuat pertanian terpadu yang terdiri dari perkebunan, peternakan, dan perikanan di Kulaba, Kota Ternate. Pemasarannya, akan arahkan ke beberapa perusahan,” tandasnya.

Jenderal dua bintang ini memberikan penghargaan serta apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu pembangunan tungku pembakaran sampah.

“Semoga tungku pembakaran sampah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dapat mengatasi permasalahan sampah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil menambahkan, peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, serta dilakukan pengecekan dan uji coba tungku pembakaran sampah yang dilakukan Kapolda.

———

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Polisi Amankan Ribuan Kantong Miras dari Halut yang Hendak Dijual di Lelilef, Halteng