Keliling Pulau Mandioli, Graal Terkesan dengan Keindahan Laut hingga Antusias Warga

(19/01) Dr. Graal menawarkan agenda kerjanya kepada warga. Foto: Tim Graal

Penajaman Agenda Kerja Bersama Warga selanjutnya Graal menjawab permintaan dari warga Desa Indong (19/01) dan Desa Bahu (20/01). Dari desa Loleo Jaya, calon anggota DPD-RI nomor urut 9, Dr. R. Graal Taliawo, ini dan tim menuju Desa Indong, Kecamatan Mandioli Utara, Kabupaten Halmahera Selatan.

(20/01) Warga desa Bahu memenuhi lokasi diskusi. Foto: Tim Graal

Perjalanan ditemani hamparan laut biru yang tak berujung. Birunya laut sesekali diselingi hijaunya pepohonan dari pulau-pulau terdekat.
“Selama perjalanan laut, suasana tenang dan damai begitu terasa. Setiap kali melihat laut lepas, selalu terbersit, ‘Kita pe laut ini lebeh-lebeh, kong. Dikeruk bagaimanapun tara akan habis.’ Berkah yang luar biasa ini seharusnya bisa jadi modal untuk kesejahteraan warga,” ungkap laki-laki yang akrab disapa Graal ini.

Warga antusias menggagas kegiatan

Titik desa tempat diselenggarakannya kegiatan tidak dipilih secara acak, melainkan sudah disiapkan dari beberapa hari sebelumnya. Menurut doktor ilmu politik ini, warga mengusulkan desanya terlebih dulu melalui media sosialnya—FB: Kanal Graal—lalu tim mengomunikasikannya lebih lanjut.

(19/01) Warga desa Indong memadati lokasi diskusi. Foto: Tim Graal

Kata kandidat DPD-RI 2024 Dapil Maluku Utara ini, “Kami turun ke desa berdasarkan inisiatif warga di desa tersebut yang mengusulkan. Tak hanya itu, dong juga bahkan bersedia untuk bekerja sama menyiapkan makan dan meminjamkan WC untuk mandi dan lainnya.”

Warga berkenan menyiapkan makan

Pada setiap titik diskusi, Graal bekerja sama dengan warga untuk berkenan menyiapkan makan malam dan sarapan dengan biaya operasional dari tim. “Mama-mama dorang pe masakan itu memang enak. Makanan laut dan makanan kebun disajikan dengan sederhana namun kaya rasa.”

(20/01) Hijau dan biru Desa Bahu dari ketinggian. Foto: Tim Graal

Menurutnya, warga kerap berujar masakan yang disajikan seadanya. Padahal menurut laki-laki kelahiran Wayaua, Bacan ini, yang mereka sajikan lebih dari cukup baginya dan tim. Rasa terima kasih Graal sampaikan kepada para warga karena telah berkenan untuk direpotkan.

Baca Juga:  12 Kelompok Tani Halmahera Selatan Terima Bantuan

Setelah seminggu perjalanan laut menyisir Moti Kota, Pulau Makian, Pulau Kayoa, Pulau Kasiruta, lalu Pulau Mandioli, R. Graal Taliawo akan melanjutkan perjalanan darat keliling Bacan. Setelah itu kembali menyisir jalur laut ke Pulau Obi dan Gane. (ADV)

—–

Editor: Ghalim Umabaihi