News  

Keren! Panwascam Patani Utara Kampanye Pemilu Damai di Budaya ‘Fanten’

Cara unik Panwascam Patani Utara di Halmahera Tengah mengampanyekan Pemilu Damai

Spanduk Deklarasi Pemilu Damai dibentangkan oleh para pemakai topeng Coka iba saat perayaan budaya 'Fanten' di Desa Tepeleo, Patani Utara. Foto: Istimewa

Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Patani Utara, Halmahera Tengah, Maluku Utara punya cara unik mengampanyekan Pemilu damai di tengah masyarakat.

Aksi unik ini dilakukan melalui sosialisasi partisipatif yang mengusung Tema Deklarasi Pemilu Damai di Tengah Keramaian Budaya Fanten.

Fanten sendiri merupakan tradisi turun temurun yang digelar saat perayaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang sering dijumpai di wilayah Halmahera Tengah.

Memanfaatkan momentum religi ini, Panwascam Patani Utara pun menginisiasi deklarasi Pemilu Damai tersebut.

Divisi Pencegahan Humas dan Parmas Panwascam Patani Utara, Sukarman Kasim mengatakan, antusias masyarakat Patani Utara dalam menjemput momen perayaan Maulid Nabi ini sangat luar biasa.

“Di sela sela itu juga kami berkoordinasi dengan Ketua Panitia Fanten untuk melakukan sosialisasi pemilu damai menuju tahun 2024 mendatang,” kata Sukarman kepada cermat, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Sukarman menyebut, upaya sosialisasi ini merupakan langkah yang dilakukan pihaknya untuk mengajak warga agar turut mengawasi jalannya pesta demokrasi tersebut.

Baca Juga: 1 Ekskavator Milik Pejabat Terbakar di Pesisir Ternate

“Ini bagian dari langkah pengawasan menjaga pemilu bermartabat, umumnya di Halmahera Tengah, khususnya di Kecamatan Patani Utara,” tandasnya.

———

Penulis: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Menjamu Nusantara United, Momentum Malut United Perbaiki Kesalahan