News  

KKPJ Ternate Sembelih 8 Ekor Sapi Sambut Iduladha

Warga Jawa di Kota Ternate saat menyembelih hewan kurban. Foto: Istimewa

Kerukunan Keluarga Persaudaraan Jawa (KKPJ) di Kota Ternate, Maluku Utara, menyembelih sebanyak delapan ekor hewan kurban melalui unit pengumpul zakat (UPZ).

Penyembelihan tersebut berlangsung di Padepokan Persaudaraan Setia Hati Ternate (PSHT) yang berlokasi di lingkungan Sabia, Kelurahan Sangaji, Kecamatan Utara.

Baca Juga:  Satgas Pangan Taliabu Musnahkan Sejumlah Barang Kadaluarsa

“Kegiatan ini bertujuan menyambut hari raya Iduladha atau hari raya kurban 1445 hijriah. Jadi, delapan ekor sapi tersebut bersumber dari warga KKPJ atau warga Jawa yang ada di Kota Ternate,” ucap Ketua Panitia Penyembelihan, Hadi Purwito, kepada cermat, Senin, 17 Juni 2024.

Hadi bilang kegiatan ini sudah tahun ke-3 dilaksanakan. Di sisi lain, giat ini dimaksudkan untuk merekatkan silaturahmi dan menjaga hubungan baik dengan sesama.

Baca Juga:  Petinggi Harita Group, Stevi Thomas, Jadi Tersangka Kasus Suap Gubernur Malut

“Untuk penerima daging kurban sendiri sesuai data yang kita miliki ada sekitar 400. Dan penerima daging kurban ini umum, tidak hanya untuk warga jawa yang ada di Ternate, penerimanya itu tersebar mulai dari Kecamatan Ternate Selatan, Tengah, Utara bahkan sampai di Pulau semuanya merata,” ujarnya.

Sekadar diketahui, selain KKPJ, ada beberapa komunitas Jawa yang juga menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, yakni Yayasan Walisongo, Pondok Pesantren Darul Falah, TPQ Darul Ulum BTN dan Komunitas Lamongan yang tergabung dalam NU dan Muhammadiyah.

Baca Juga:  Pekerjaan Dermaga Sulamadaha-Hiri Tak Selesai, CV Fikram Putra akan Didenda