News  

KNPI Malut Akan Gelar Diskusi Ketahanan Pangan, Libatkan Akademisi hingga Birokrat 

DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Ketahanan Pangan akan menggelar diskusi publik bertajuk Ketahanan Pangan Maluku Utara.

Diskusi yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023 ini akan menghadirkan narasumber dari akademisi, peneliti, pemprov maupun Komisi II DPRD Maluku Utara.

“Tujuan kegiatan ini adalah membangun interaksi dari berbagai pihak yang berasal dari akademisi, para birokrat pengambil kebijakan, institusi DPRD Provinsi Maluku Utara maupun para aktivis dari lembaga non pemerintah,” ujar Wakil Ketua DPD KNPI Malut Bidang Ketahanan Pangan, M Wahib Sahie, Minggu, 15 Oktober 2023.

Wahid bilang, kegiatan ini sekaligus membangun pemahaman mengenai kebijakan pembangunan lintas sektor untuk diperbincangkan, memberi solusi sekaligus tambahan ilmu bagi masyarakat maupun pihak yang berkepentingan.

Wahib menjelaskan, Provinsi Maluku Utara melalui data Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada tahun 2023 merilis seluruh jenis beras, baik beras premium dan beras medium.

Di mana, untuk beras premium 16.450/kg, beras medium 14.780/kg. Sedangkan pada tahun 2022 di bulan Agustus, kualitas beras medium 10.780/kg.

“Kenaikan harga pangan (produk beras) sangat penting dipandang perlu dan urgen menghadirkan beragam perspektif teoritik, metodologis maupun wawasan lintas sektor yang berkenaan dengan kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

——–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Baca Juga:  Hasil Seleksi Guru Honorer di Sula Diumumkan Tahun 2022