News  

Kodim Siapkan 2 SSK untuk Pengamanan TPS di Kota Ternate dan Halmahera Barat

Dandim 1501/Ternate Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono. Foto: Samsul/cermat

Kodim 1501/Ternate, Maluku Utara menyiapkan ratusan anggota atau 2 satuan setingkat kompi (SSK) dalam pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kota Ternate dan Halmahera Barat.

Ratusan anggota TNI yang ditugaskan ini sudah dibekali untuk bekerja sama dengan pihak kepolisian ketika melakukan pengamanan di TPS.

Hal ini diungkapkan Komandan Kodim (Dandim) 1501/Ternate Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono, saat ditemui cermat, Selasa, 6 Febuari 2024.

“Kita sudah ploting semuanya, sekitar 2 SSK nantinya kita akan kerja sama dengan pihak kepolisian,” jelas Adietya.

Adietya bilang, di Kota Ternate, pihaknya menyiapkan 1 SSK atau sebanyak 150 anggota, begitu juga di Kabupaten Halmahera Barat.

“Sekitar 300 anggota, tetapi masih bisa berkembang karena menyesuaikan dengan jumlah TPS, dan peninjauan di wilayah,” katanya.

Adietya mengaku saat ini pihaknya masih menunggu perintah dari pimpinan untuk pergeseran anggota. Walau begitu, kini anggotanya sudah siap dan pihaknya juga menyiapkan buku saku netralitas anggota TNI untuk selalu dibawa.

“Buku saku netralitas ini selalu dibawa anggota, begitu juga saya juga bawa diisi dalam saku. Supaya lebih dipedomani netralitas TNI. Dipastikan TNI itu netral dan kita bekali untuk selalu kerja sama dengan pihak kepolisian,” pungkasnya.

—–

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Protes ASDP, Sopir Lintas Tidore-Ternate Adang Kapal Ferry