News  

Kotak Suara 8 Kelurahan di Ternate Utara Mulai Dikirim ke Kecamatan

Kotak suara Pemilu yang mulai dikirimkan dari 8 kelurahan ke Kantor Kecamatan Ternate Utara. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Kotak suara di 8 dari 14 kelurahan di Ternate Utara mulai dikirim ke kantor Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara.

8 kelurahan tersebut di antaranya Kelurahan Dufa-Dufa 75 kotak suara dari 15 TPS, Akehuda 45 kotak suara dari 9 TPS, Tarau 20 kota suara dari 4 TPS, dan Tabam 25 kotak suara dari 5 TPS.

Kemudian, Kelurahan Sango 25 kotak suara dari 5 TPS, Salero 40 kotak suara dari 8 TPS, Sangaji 75 kotak suara dari 15 TPS, dan Tubo 45 kotak suara dari 9 TPS.

Hasil pantauan cermat, pengiriman kotak suara tersebut dimulai sejak Kamis, 15 Februari 2024 pukul 17.33 WIT sampai dengan pukul 22.50 WIT, dan dikawal ketat pihak TNI dan Kepolisian.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Muhammad Faisal Arsad mengatakan, ada 14 kelurahan di Kecamatan Ternate Utara dengan total 675 kotak suara dari 135 TPS.

“Tapi baru 8 kelurahan yang mengirimkan kotak suara ke kecamatan. Jumlah kotak suaranya 350 dari 76 TPS,” Faisal, Kamis, 15 Februari 2024.

Faisal mengungkapkan, masih ada 6 kelurahan yang belum mengirimkan kotak suara ke kecamatan.

“Untuk kelurahan yang belum mengirimkan logistik kotak suara ke kecamatan, di antaranya kelurahan Toboleu, Sangaji Utara, Tafure, Soasio, Soa, dan Kasturian,” ungkapnya.

Ia memastikan, pada Jumat besok seluruh logistik di kelurahan akan selesai dikirimkan ke kecamatan.
“Sementara ini sudah masuk proses akhir, Insya Allah, besok semuanya sudah selesai,” katanya.

Selain itu, kata Faisal, untuk distribusi logistik dari kelurahan ke kecamatan tidak ditemukan kendala, hanya saja saat proses pungut hitung di TPS, mengalami sedikit keterlambatan.

“Sejauh ini untuk distribusi logistik dari kelurahan ke kecamatan tidak ada kendala apa pun. Hanya saja kemarin waktu pungut hitung di TPS memang aga lambat. Kemudian dipembuatan salinan masih ada masalah, ada yang printer salinan dan macam-macam,” jelasnya.

Baca Juga:  DPRD Kepulauan Sula, Maluku Utara, Perkuat 5 Ranperda

“Tapi mudah-mudahan besok sudah bisa selesai. Masalah juga sampai sejauh ini masih bisa kita atasi. Kita dari PPK juga mobile untuk membantu teman-teman di Kelurahan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, sampai berita ini ditayangkan proses pengiriman kotak suara dari kelurahan ke kantor kecamatan masih terus dilakukan.

—–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Ghalim Umabaihi