News  

Malut United Resmi Umumkan Logo Klub Hasil Sayembara

Asisten Manajer Malut United FC, Asghar Saleh bersama Muammer Qhadafi saat mengumumkan logo resmi klub di di Gaia Hotel Ternate. Foto: Istimewa

PT Malut Maju Sejahtera resmi mengumumkan pemenang sayembara logo klub sepak bola Malut United di Gaia Hotel Ternate, Sabtu, 3 Juni 2023.

Asisten Manajer Malut United FC, Asghar Saleh menjelaskan, sayembara itu dibuka sejak 6 April hingga 1 Mei 2023, dan didaftar oleh 77 orang, tapi hanya 42 peserta yang memasukkan logo.

“Kemudian kami menentukan 7 design terbaik. Lalu klub memilih 3 logo terbaik yang memenuhi kriteria penilaian, yakni filosofis, kreatifitas, originalitas, kekuatan logo, dan daya tarik,” terang Asghar.

Atas penilaian tersebut, Muammer Qhadafi, anak muda asal Desa Fatcei, Kepulauan Sula ini terpilih sebagai pemenang dengan nilai 88, karena desainnya memenuhi kriteria sebagaiman ditetapkan oleh manajemen klub.

“Qhadafi mendapat hadia uang tunai sepuluh juta rupiah. Sementara dua orang terpilih sebagai pemenang favorit, yaitu Joshua Alberto, asal Halmahera Barat, dan Richard Ngawi dari Halmahera Utara, yang juga mendapat bonus uang tunai,” kata Asghar.

Logo Malut Unitd, karya Muammer Qhadafi. Foto: Istimewa

Asghar billing, ketiga anak muda itu dijadikan bagian dari keluarga besar Malut United FC. Mereka akan diberi tiket gratis untuk menonton laga home Malut United selama mengikuti kompetisi PSSI.

“Logo hasil desain Qhadafi akan kami pakai pada jersey resmi klub, merchandise, juga semua peralatan pendukung seperti bus tim,” ucap Asgar

Asghar menyampaikan terima kasih kepada peserta sayembara yang telah berpartisipasi. 

“Terima kasih, expert yang telah membantu penilaian. Insya Allah logo ini akan jadi bagian dari semangat kami untuk membangun sepakbola di Maluku Utara,” tandas Asghar.

Sementara, Qadafi memaparkan, logo yang dibuat itu terinspirasi dari perisai, yang menurutnya bermakna sebagai daya bertahan sekaligus kekuatan.

“Terinspirasi dari tameng, kemudian saya kombinasikan dengan huruf M dan U, lalu warna yang berani, yakni merah yang dipadukan dengan hitam,” tuturnya. 

Baca Juga:  KPU Morotai Resmi Menggelar Bimtek Coklit Pemilihan Serentak 2024

Sementara, sambung ia, emas yang membingkai di tepian logo, dan bintang, bermakna kejayaan. Ia mengaku logo tersebut didesain selama hampir satu bulan.

“Saya berterima kasih kepada Manajemen yang telah memilih karya saya sebagai pemenang,” tandasnya.

Malut United, diketahui klub yang diakuisisi dari Delta Sidoarjo Klub pada 30 Januari 2023. Saat kini, klub milik David Glen ini sedang mempersiapkan pemain untuk mengikuti Liga II pada 3 Desember 2023.

——–

Penulis: Tim cermat

Editor: Ghalim Umabaihi