Sastra  

Mengenal Sang Maestro Pantomim di Kota Ternate

Dzul Ikram termasuk satu di antara banyaknya seniman yang memprakarsai tumbuhnya minat seni pantomim di Kota Ternate. Saat ini ia aktif melatih anak didiknya untuk memerankan seni pertunjukan tanpa kata itu. Foto: Istimewa

Mementaskan sebuah pertunjukan tanpa melantunkan kata-kata tampaknya bukan hal mudah bagi Dzul Ikram, seorang guru pantomim di Kota Ternate, Maluku Utara. Butuh tenaga ekstra dan latihan yang cukup untuk mencapai sebuah pertunjukan yang baik bagi penonton.

“Seseorang perlu memiliki pengembangan imaji yang luas, dia harus berkreasi dan melatih mentalnya. Itulah yang saya ajarkan ke anak didik saya,” kata Zul, sapaannya, kepada cermat, Kamis, 22 Juni 2023.

Dzul Ikram sejatinya mulai menjadi guru pantomim sejak 2016. Bakat itu ia tunjukkan saat bergabung dengan UKM Seni dan Budaya (Seba) di Universitas Khairun (Unkhair) pada tahun 2015.

Pengalaman pertamanya kala itu adalah mencoba melatih sejumlah siswa SD Tanah Tinggi. Anak didiknya kemudian juara satu dan berhak ikut Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Kota Manado.

Baca Juga:  Penyerapan DAK untuk Proyek Jalan dan Jembatan di Ternate Sudah 30 Persen