MTQ Tingkat Kabupaten di Halsel Resmi Dibuka, Ini Pesan Bupati Bassam Kasuba

Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba saat memberi sambutan dalam acara MTQ XXX tingkat kabupaten. Foto: Istimewa

Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kabupaten yang dipusatkan di Masjid Agung Al-Khairat, pada Jumat, 1 Maret 2024.

MTQ yang ke-30 ini disebut menjadi komitmen pemerintah daerah setempat dalam memfungsikan nilai-nilai Al-Qur’an di berbagai segi kehidupan.

Bassam Kasuba yang membuka kegiatan itu, menyampaikan, pelaksanaan MTQ sejatinya telah digelar sejak lama dan terus dilakukan setiap tahun.

“Tidak ada ilmu yang paling utama, dan tidak ada pengabdian yang paling mulia di hamparan bumi ini kecuali hidup ikhlas berkiprah untuk mempelajari, memahami dan menyebarluaskan syiar Islam dan Al-Qur’an,” ujar Bassam.

Bassam juga mengutip sabda Rasulullah SAW yang berbunyi ‘khoirukum man ta’allamal qur’aan wa’allamahu’ yang artinya sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.

Dalam kesempatan itu, ia pun mengajak masyarakat yang hadir untuk senantiasa mengamalkan Al-Qur’an.

“Mari kita maknai momentum MTQ ini sebagai ajang pengaktualisasian ajaran Islam dalam kehidupan kita, untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak Qur’an,” cetus Bassam.

“Saya berharap penyelenggaraan MTQ kali ini, tidak hanya untuk mencari juara pada setiap cabang dan golongan yang diperlombakan, tetapi lebih jauh penyelenggaran MTQ ini mampu mendorong perilaku masyarakat yang sesuai dengan ajaran Al-qur’an,” tandasnya.

Baca Juga:  Dikbud Ternate Komitmen Kuatkan Kebudayaan Lewat Sosialisasi Perda
Penulis: Safri NohEditor: Rian Hidayat