News  

Nelayan Desa Mira Pulau Morotai Dilaporkan Hilang

Ilustrasi cuaca ekstrem laut dan nelayan hilang kontak. Foto: NalarNews/istimewa

Kasman Krois (38 tahun), seorang nelayan tuna asal Desa Mira di Pulau Morotai, Maluku Utara dikabarkan hilang saat sedang melaut pada Jumat, 14 Juni 2024.

Kasman sebelumnya diketahui pergi memancing sekitar pukul 04.00 WIT menggunakan longboat biru-hitam dengan mesin 15PK.

Kabar kehilangan ini disampaikan langsung oleh Kepala Komando Basarnas Unit Morotai, Marjun Doa.

Baca Juga:  4 Kali Sidang Kasus Mantan Direktur PT Alga, JPU Kejati Malut Hadirkan 9 Saksi

Marjun menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan unit pos lainnya untuk memastikan laporan kehilangan tersebut.

“Untuk saat ini kami masih mencari informasi, karena laporan awal itu korban melaut keluar dari jam 4 pagi,” kata Marjun kepada cermat, Sabtu, 15 Juni 2024.

Informasi kehilangan ini, kata Marjun, juga didapatkan dari nelayan lainnya. Mereka mengatakan, di waktu yang sama, korban sebenarnya hendak kembali ke Desa Mira.

Baca Juga:  Proyek Lanjutan Kantor Uji KIR Milik Dishub Ternate Dicoret

“Hanya saja cuaca lagi kabut jadi posisi korban menuju ke kampung itu harusnya ke arah kanan, (tetapi) dia menuju ke utara, jadi diperkirakan hilang arah kalau ke utara itu kan berarti arah Bere-bere sampai ke Morotai Jaya,” paparnya.

Marjun menduga korban juga alami masalah pada stok BBM saat akan kembali ke daratan.

“Kalau BBM cukup memang tidak masalah karena untuk pulang ke Mira itu kan berarti dia kehabisan BBM karena tidak sampai ke daratan. Terus katanya mesin dia juga sering rusak,” ujarnya.

Baca Juga:  NIB di Kota Ternate Mangalami Peningkatan, Bahtiar: Pelaku Usaha Punya Kesadaran

Komando Basarnas Morotai, kata Marjun, masih melakukan koordinasi ke berbagai pos jaga untuk memastikan titik keberadaan korban saat ini.

“Jadi kami masih melakukan koordinasi dulu karena belum tahu korban posisinya ada di mana,” ujarnya sembari memastikan bakal menginformasikan lagi peristiwa tersebut.

Baca Juga:  Berkas Kasus Ayah Setubuhi Anak di Ternate Resmi Tahap II
Penulis: Aswan KharieEditor: Rian Hidayat