Panwaslu Ternate Selatan Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak

Anggota Panwaslu Kecamatan Ternate Selatan bersama narasumber bimtek. Foto: Istimewa

Panwaslu Kecamatan Ternate Selatan menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak 2024 Bagi Panwas Kelurahan/Desa di Jati Hotel, Kamis, 11 Juli 2024.

Kegiatan ini mengundang 17 Pengawas Kelurahan yang berada di Kecamatan Ternate Selatan, sebagai peserta.

Dan, menghadirkan mantan anggota KPU Kota Ternate, Jainudin Ali dan anggota KPU Kota Ternate, Iskar Hukum sebagai narasumber.

Juga turut dihadiri Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan, yang membuka langsung kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kifli Sahlan mengatakan, Bimtek Peningkatan Kapasitas ini diharapkan dapat lebih memperkuat pemahaman kepada jajaran pengawas di tingkat kelurahan. Sehingga, kata ia, dapat melakukan langkah-langkah preventif dan membuat pemetaan potensi pelanggaran pada tahapan yang sedang berjalan.

“Menjadi pengawas pemilu tidak cukup dengan keberanian, harus juga dibarengi dengan pengetahuan yang cukup,” kata Kifli.

Sementara, Kordinator Divisi HP2H Panwaslu Kecamatan Ternate Selatan, Akbar Gamtohe menambahkan, saat ini tahapan yang sedang berjalan ialah pemutakhiran data pemilih.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada seluruh jajaran pengawas pada tingkat kelurahan agar dapat melakukan pengawasan secara maksimal.

“Data pemilih ini adalah hal yang paling krusial dalam pemilu ataupun pemilihan kepala daerah. Tahapan pemutakhiran data pemilih ini hulu dari perlindungan hak konstitusional warga negara,” tegasnya.

—-

Penulis: Tim cermat

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Logo HAJAT ke-771 Resmi Diluncurkan