News  

Patungan OPD, Pemkot Ternate Target 30 Ekor Sapi Kurban

Kepala Bagian Kesejateraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Ternate, Muhammad Ichsan. Dok: cermat

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan menyiapkan sapi untuk dikurbankan pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pengadaan hewan kurban bersumber dari sumbangan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Bagian Kesejateraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Ternate, Muhammad Ichsan, mengatakan setiap OPD menyumbang satu hewan kurban.

“Sampai hari ini baru 15 OPD yang menyumbang hewan kurban berupa sapi,” kata Ichsan kepada cermat, Selasa, 20 Juni 2023.

Dalam Idul Adha kali ini, pemkot menargetkan 20-30 ekor sapi. “Selain dari OPD, tidak menutup kemungkinan ada kurban secara pribadi dari ASN,” ujarnya.

Ada pun skema pembagian melalui masjid yang mewakili masing-masing kecamatan. “Karena jumlah hewan kurban tak sebanding dengan banyaknya kelurahan, maka tahap pendistribusian harus disiasati dengan baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, di Idul Adha kali ini tidak ada proposal pengadaan hewan kurban yang dibuat pemkot untuk dilayangkan ke pihak swasta.

Sebab, bagian Bina Kesejahteraan Sosial Setda Ternate di tahun ini disibukkan dengan banyaknya program kegiatan seperti STQH hingga pemberangkatan jemaah haji.

_________

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor  : Nurkholis Lamaau

Baca Juga:  Hotel Muara Inn