News  

Pekerjaan Segmen 3 Kawasan Kuliner di Ternate Kuras Anggaran 1,6 Miliar 

Kepala Bidang Tata Ruang dan Tata Lingkungan Dinas PUPR Kota Ternate, Junaidi ST. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Proyek lanjutan penataan Kawasan Pusat Kuliner di belakang Jatiland Mall Ternate, Maluku Utara kini masuk tahapan matual check atau mc-0.

Kepala Bidang Tata Ruang dan Tata Lingkungan Dinas PUPR Kota Ternate, Junaidi ST menjelaskan, paket ini sebelumnya diawali dengan segmen 1 dan segmen 2 di 2022.

“Jadi sekarang masuk segmen 3 untuk menata Kawasan Kuliner Ternate Kota Rempah, di sepanjang tambatan speedboat Gamalama,” kata Junaidi kepada cermat, Selasa, 26 September 2023.

Junaidi bilang, mc-0 dilakukan untuk  pengukuran awal yang rencananya dalam waktu dekat pengerjaan akan segera dimulai.

“Hari ini dilakukan mc-0 bersama penyedia CV Ifti bersama para direksi yang didampingi juga dengan tim penampingan hukum dari Datum Kejaksaan negeri Ternate, rencananya dalam waktu dekat pengerjaan di kawasan Tambatan SpeedBoat Gamalama akan dikerjakan,” kata Junaidi.

Ia menyebut bahwa anggaran pengerjaan ini bersumber dari APBD induk dengan nilai kontrak sebesar 1,614 Miliar.

“Untuk anggaran sendiri bersumber dari APBD Induk tahun 2023 dengan nilai kontrak 1,641miliar, target pengerjaan sendiri selama 80 hari kerja,” terang Junaidi.

Selama waktu pengerjaan, kata ia, lokasi akan dipasang pagar penutup agar tidak mengganggu pengguna jalan dan penumpang speedboat tujuan Ternate-Sidangoli.

“Untuk pengerjaan-pengerjaan utama di sini akan dibuat lantai andesit terus ada anjungan di sebelah barat, ada juga lapak-lapak pedagang dan untuk sebelah timur nanti akan dipasang tugu Kawasan Kuliner Ternate Kota Rempah,” pungkasnya.

——-

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Petugas Sipir Rutan Ternate Dilatih Hadapi Situasi Kebakaran