News  

Polres Pulau Taliabu Siapkan Pengamanan Khusus untuk Kontingen HKG

Kapolres Pulau Taliabu, Maluku Utara, AKBP Totok Handoyo. Foto: La Ode Hizrat Kasim/cermat

Polres Pulau Taliabu, Maluku Utara siapkan pengamanan untuk pastikan keselamatan bagi peserta dari 9 kabupaten/kota saat berkunjung dalam kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) di Bobong.

Kapolres Pulau Taliabu, AKBP Totok Handoyo mengatakan, pihak Kepolisian sudah berprinsip menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung HKG.

“Jadi, terkait isu rawan kasus pembunuhan di Pulau Taliabu, kami menjamin sistem keamanan dan keselamatan para pengunjung,” kata Totok kepada cermat, Selasa, 10 Oktober 2023.

Soal kasus pembunuhan di Taliabu, kata Totok, berawal dari mengonsumsi minuman keras (miras), yang membuat tidak dapat mengendalikan diri.

Ia bilang, pihak panitia HKG telah melakukan koordinasi untuk dilakukan pengamanan di beberapa titik tempat nginap peserta.

“Selain di Lokasi HKG, kami akan lakukan pengamanan dan keselamatan peserta di tempat nginap dari masing – masing kabupaten/kota,” ujarnya.

Secara keseluruhan, Kapolres Pulau Taliabu mengungkapkan dari 169 personil Kepolisian, hanya sepertiga pengamanan yang tidak dilibatkan dalam pengamanan HKG.

“Karena kita telah memasuki tahapan Operasi Mantap Brata. Jadi, sepertiga kekuatan kami untuk pengamanan kampanye dan sisanya kami fokuskan pada kegiatan HKG,” tandasnya.

——-

Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  KM Sabuk Nusantara 35 Mulai Berlayar Pertama dari Pangkalan Tobelo, Halmahera Utara