News  

Pulau Morotai Jadi Tuan Rumah Bimtek Pemantapan E-Coklit KPU se-Maluku Utara

Bimtek KPU di Pulau Morotai. Foto: Aswan/cermat

KPU Provinsi Maluku Utara resmi menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terkait pencocokan dan penelitian (Coklit) serta pemantapan E-coklit dalam pemilihan serentak 2024.

Kegiatan yang bertempat di Hotel Molokai Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Pulau Morotai, Maluku Utara itu diikuti 44 peserta dari perwakilan KPU se-kabupaten dan kota

Bimtek ini merupakan simulasi teknis pelaksanaan pencocokan dan penelitian serta penggunaan secara berjenjang dalam pemilihan serentak yang dilaksanakan pada 11 sampai 13 Juni 2024.

Ketua KPUD Pulau Morotai Kubais Kuto menyampaikan terima kasih kepada kepada Anggota Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Prov. Maluku Utara yang menetapkan Morotai sebagai tuan rumah pelaksanaan Bimtek.

“Selamat datang bapa-ibu yang sudah menyeberang ke Morotai dari berbagai kabupaten atau kota se-Provinsi Maluku Utara untuk melaksanakan Bimtek guna menyinkronisasikan data pemilih dalam Pilkada 2024,” katanya.

Kesempatan itu Kubais menyebut, DPT di Morotai berkisar 52.516 jiwa, namun diperkirakan yang ikut partisipasi Pilkada 2024 mungkin hanya 44.821.

“Tetapi diharapkan pelaksanaannya bisa mencapai sesuai DPT yang di didata tersebut, karena pertimbangkan pemilu terakhir mencapai 54.468, dengan Bimtek ini di berharap data tersebut mungkin bisa diperkuat,” terangnya.

“Besar harapan kami dan temen-temen dalam kegiatan Bmtek ini dapat menjadi pengetahuan bersama,” sambung ia.

Sementara Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Malut, Iwan S Seber menjelaskan Bimtek tersebut adalah tindaklanjut dari kegiatan yang dilakukan oleh KPU RI.

“Tentu melalui kegiatan ini kita dapa mengupdate pengetahuan kita tentang proses pencocokan dan penelitian (Coklit) dan pemantapan E-Coklit pemilihan serentak tahun 2024,” paparnya.

Ia bilang, banyak hal yang akan dilakukan di sini khususnya bagian operator karena kualitas pilkada sangat tergantung pada kemampuan dalam menyediakan atau memberi pelayanan terhadap data yang ada.

Baca Juga:  AJI Ternate Gelar Training Cegah Manipulasi Informasi di Tahun Politik

“Artinya kita diberi kepercayaan untuk melakukan tahapan atau proses dari awal sehingga kita harus memberikan jaminan kepada pemilih bahwa mereka benar terdaftar dalam pemilu serentak pilkada tahun 2024,” ujarnya.