News  

Resmi Peletakan Batu Pertama, Stadion Malut United Arena Akan Jadi Termegah di Indonesia Timur

Sultan Tidore Husain Alting Syah saat bersama Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena. Foto: Istimewa

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena di Desa Kusu, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan pada Senin, 14 Agustus 2023.

Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena adalah penghargaan sekaligus kenang-kenangan bagi dirinya di sisa masa jabatan sebagai Gubernur.

“Ini pembangunan untuk generasi muda Maluku Utara, siapa pun yang nanti menjadi Gubernur, bisa meneruskan pembangunan di daerah ini ke depan, terutama bagi publik pencinta bola di Maluku Utara,” katanya.

Foto bersama Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba bersama Manajer dan skuad tim Malut United FC. Foto: Ghalim/cermat

Sementara itu, Owner Malut United yang diwakili oleh Manager Utama Mineral Trobos, Zainudin Umasangaji menjelaskan, Stadion Malut United Arena dibangun di atas lahan seluas 6 hektare. Lahan ini semuanya telah dibebaskan oleh PT Malut Maju Sejahtera sebagai badan usaha yang menaungi klub sepak bola Malut United.

“Dalam perencanaannya, Stadion ini luasannya 4.182 meter persegi yang didesain dengan kapasitas kursi single seat sebanyak 30 ribu penonton. Ini diilhami dari beberapa stadion sepak bola di Eropa,” ujar Zainudin.

Menurutnya, stadion tersebut akan menjadi stadion termegah di Indonesia timur yang pertama dimiliki klub sepak bola di Indonesia.

“Insya Allah, bila tidak ada halangan, stadion ini akan dibangun selama 3 tahun. Dengan konsep minimalis modern yang dipadukan dengan nilai-nilai lokal sepeti salawaku yang merupakan simbol pertahanan dari Maluku Utara sekaligus pertahanan Malut United FC,” jelasnya.

Selain stadion, sejumlah infrastruktur pendukung juga akan dibangun di lokasi ini, seperti wisma pemain dan pelatih, lapangan latihan, lapangan tenis, kolam renang, dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

“Kehadiran klub sepak bola Malut United ini, yang juga merenovasi stadion Gelora Kie Raha dan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena adalah pertanda kebangkitan sepak bola di Maluku Utara,” tandasnya.

Baca Juga:  Pemkot Ternate Targetkan 1000 Vaksin Anak

Peletakan batu pertama pembangunan Stadion Malut United Arena itu juga dihadiri oleh Sultan Tidore, Sultan Ternate, Wali Kota Ternate, Forkompimda Maluku Utara dan Manajemen serta seluruh skuad Malut United FC.

———-

Penulis: Tim cermat

Editor: Ghalim Umabaihi