News  

Sapi Liar Ancam Pengendara di Ternate

Tangkapan video beberapa ekor sapi berkeliaran di jalan raya lingkungan Skep, Kota Ternate.

Sejumlah warga di lingkungan Skep, Kelurahan Salahudin, Kota Ternate, mulai mengeluhkan adanya gerombolan sapi yang sering berkeliaran di jalan raya.

Hal ini terlihat pada video berdurasi 2 menit yang diterima cermat, ada sekitar 10 ekor sapi tampak dibiarkan berkeliaran di jalan raya oleh pemiliknya.

Kemunculan hewan ternak ini pun dinilai mengganggu aktivitas para pengendara dan pejalan kaki yang melintas di jalan.

“Sapi-sapi ini kayaknya sengaja dorang (mereka) dilepas supaya bisa cari makan sendiri. Biasanya di area kubur China,” kata Rafit, salah satu pengendara kepada cermat, Selasa, 28 November 2023.

Ia bilang, sapi-sapi ini biasanya keluar pada waktu pagi dan petang.

“Sudah dua Minggu ini mereka keluar di jalan, kemarin-kemarin memang pernah tapi tidak sebanyak sekarang dan kalau sapi-sapi itu keluar sampah-sampah warga yang ada di badan jalan semua diacak-acak sampai berhamburan,” tutur Rafit.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Salahuddin, Mardin Kaimudin mengaku hewan ternak tersebut memang kerap dikeluhkan warga. Namun, ia tak bisa berbuat banyak.

“Kami dari pihak kelurahan tidak bisa berbuat banyak nanti terjadi salah paham, karena sapi-sapi ini juga kami tidak tahu pemiliknya siapa,” ujar Mardin.

“Biasanya keluar dari kubur China dari jalan Juma Puasa menuju jalan Kayu manis samping kiri Kompi Senapan A, dan jalan raya rambutan menuju utara Toko Laris,” jelasnya.

Atas masalah itu, dia pun meminta pemerintah melalui instansi terkait untuk menangani hewan ternak tersebut.

“Kami sangat resah dengan adanya sapi-sapi liar ini, kalau bisa instansi terkait bisa menertibkan sapi-sapi ini,” pungkasnya.

——

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat

Baca Juga:  Aksi Damai di Yogyakarta, Mahasiswa Malut Desak Gubernur Cabut IUP Perusahaan Tambang