News  

Seorang Siswa Bintara Polda Malut Peluk Foto Mendiang Ayah saat Dilantik Jadi Polisi

Bripda Angga saat memegang foto almarhum ayahnya usai pengambilan sumpah. Foto: Istimewa

Polda Maluku Utara menggelar upacara penutupan, pelantikan, dan pengambilan sumpah pendidikan pembentukan 150 Siswa Bintara Polri Gelombang I tahun 2023.

Pengambilan sumpah ini dipimpin Irwasda Polda Maluku Utara, Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol, di SPN Sofifi, Kamis, 6 Juni 2023.

Salah satu dari 150 siswa ini menjadi sorotan usai pelantikan tersebut karena membawa foto almarhum ayahnya. Siswa itu adalah Bripda M. Gammalulaily Dano Hadi.

Ayahnya, Ipda Ilham Abdullah, anggota Polres Ternate. Angga, sapaan akrabnya, merasa bangga dan ingin jadi polisi karena dulu sering ikut ayahnya saat ke kantor Mapolres. Walau ayahnya tak lagi tiada, Angga bergiat mengajar cita-citanya hingga tercapai.

Dalam acara pelantikan itu, Kombes Pol Marthin saat membacakan amanat Kepala Pusat Pendidikan Polri mengatakan, Polri mendapat penambahan kekuatan personel di lapangan setelah berakhirnya pendidikan para Bintara remaja ini.

“Untuk itu, kepada para Bintara yang sudah diambil sumpah dan dilantik harus mampu menjaga kepercayaan institusi,” tegas Marthin.

Selain itu, tambah Marthin, jaga kepercayaan masyarakat dengan melakukan pelayanan terbaik, sehingga menjadi contoh teladan bagi masyarakat.

“Namun demikian, dengan waktu pendidikan yang relatif singkat ini, belumlah cukup untuk dapat membetuk petugas lapangan yang tangguh dan handal,” ucapnya.

Marthin bilang, ke depan diperlukan pengembangan kemampuan diri terus-menerus dan berkelanjutan. Baik melalui proses belajar dari pengalaman maupun melibatkan diri pada berbagai kegiatan wawasan operasional.

———

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Polres Sula Raih Skor Tertinggi Pelayanan Publik dari Ombudsman