News  

Siapkan Program Literasi 2024, Disdik Ternate Gandeng Wartawan hingga Komunitas

Pertemuan dalam rangka pembahasan program literasi tahun 2024 Disdik Ternate. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate, Maluku Utara, tengah menggagas program literasi bersama perwakilan Kementerian Perpustakaan yang rencana digelar tahun 2024 mendatang.

Program ini dibahas dalam pertemuan yang bertempat di Ruang Rapat Kadisdik Kota Ternate,–dihadiri sejumlah komunitas literasi, wartawan dan OPD terkait.

Kepala Disdik Ternate Muslim Gani mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihaknya membahas program literasi yang tertuang dalam Perwali Nomor 7 tahun 2023.

“Ada tiga hal tentang literasi yang ada di Perwali nomor 7 tahun 2023, yakni satuan pendidikan dalam hal ini sekolah, yang kedua leterasi keluarga dan yang ketiga literasi masyarakat,” kata Muslim, Kamis, 2 November 2023.

“Untuk satuan pendidikan yang khusus itu literasi sekolah, masyarakat dan Keluarga,” sambungnya.

Selain itu, ia bilang, ada satu program usulan dari komunitas literasi tentang literasi gizi.

“Literasi gizi ini sesungguhnya sudah harus dimulai dari keluarga sejak anak masih dalam kandungan,” tuturnya.

Sehingga, kata dia, ada kolaborasi antara Disdik, Dinas Perpustakaan dan Kesehatan yang nantinya bisa melahirkan program prioritas.

“Dari situ baru kita nantinya akan pilih, apakah literasi keluarga atau literasi masyarakat yang akan jadi program prioritas dari literasi yang ada di Kota Ternate,” jelas Muslim.

Dia sebut untuk pendidikan membidangi literasi satuan pendidikan dalam hal ini adalah sekolah, sedangkan untuk Dinas Perpustakaan membidangi  literasi keluarga dan masyarakat.

“Nantinya di satu kegiatan akan didanai oleh 3 dinas yakni Pendidikan dan Perpustakaan,” timpalnya.

Pertemuan kedua nanti akan dilakukan pembobotan dan kematangan 4 program yang disusun secara penganggaran, “makanya dalam pertemuan ini Bappeda dilibatkan dalam tim literasi, karena ini menyangkut dengan progaram dan penganggaran,” tandasnya.

——-

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Bangunan Lapak Pedagang di Halut Ditargetkan Rampung Tahun Ini