Wakil Bupati Halamhera Utara (Halut), Kasman Hi Ahmad, melakukan inspeksi mendadak ke Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tobelo, Rabu, 07 Mei 2025.
Inspeksi tersebut dilakukan setelah sebelumnya sempat terjadi perseteruan antara karyawan perusahaan dan direktur mereka terkait pelayanan yang dikeluhkan.
Dalam inspeksi mendadak ini, Kasman pun mengadakan pertemuan dengan Dirut dan seluruh staf PDAM Tobelo. Ia meminta agar pihak PDAM mengoptimalkan fasilitas pelayanan untuk kebutuhan masyarakat.
“Saya meminta Dirut dan seluruh staf agar selalu memerhatikan, baik itu pipa air, kran dan meteran yang sudah disebarkan kepada masyarakat, perlu ada peningkatan kualitas dan jumlahnya,” ucap Kasman.
Dirinya juga berharap ada ekosistem yang sehat, mulai dari Dirut sampai karyawan sehingga betul-betul memastikan pelayanan PDAM Tobelo berjalan baik.
“Jadi layanan masyarakat itu harus betul-betul baik, ujung dari sebuah pelayanan ini adalah kepuasan, untuk memuaskan semua orang itu tidak mudah, harus membutuhkan sebuah alat maka sarana-prasarana harus mendukung,” jelasnya.
Kasman turut mengimbau agar pelanggan seperti rumah-rumah dinas hingga perkantoran ikut mendukung kinerja PDAM.
Sebab, kata dia, jika pembayaran tidak maksimal dan tak rutin dilakukan, maka akan mempengaruhi kinerja dan kapastitas pelayanan.
“Saya berharap ke depan terutama menajeman harus memberikan pelayanan terbaik, jika ada keluhan masyarakat langsung saja sampaikan melalui kotak aduan, karena akan ditindaklanjuti oleh dewan pengawas,” tutupnya.