News  

Warga Desa Gorugo Morotai Dapat Bantuan Ketahanan Pangan

Bantuan ketinting untuk para nelayan di Morotai. Foto: Istimewa

Pemerintah Desa Gorugo, Kecamatan Morotai Jaya, Pulau Morotai resmi menyerahkan bantuan peralatan pangan dan perikanan kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Bantuan tersebut bersumber dari anggaran sebesar 140 juta untuk program ketahan pangan yang diprioritaskan di tiga sektor, yakni pertanian, perikanan dan peternakan.

Kepala Desa Gorugo Grusman Seng mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah desa untuk memfasilitasi warga dalam program ketahanan pangan.

“Di tiga sektor itu, untuk pengadaan di sektor pertanian kami telah membeli bibit padi dan mesin penggilingan padi. Sedangkan untuk sektor perikanan kami pengadaannya itu perahu 6 unit yang ukurannya 1 GT dilengkapi alat tangkap nelayan seperti soma dan lain-lain,” jelasnya.

Ia bilang pihaknya juga melakukan pengadaan bibit peternakan ayam kampung bagi masyarakat yang punya kemampuan dalam budidaya peternakan.

“Meskipun anggaran ketahanan pangan kami itu kecil, tetapi kami mengupayakan agar anggaran tersebut bisa terealisasi di tiga sektor dan dinikmati oleh masyarakat desa,” ujarnya.

Ia mengaku untuk penyerahan perahu ketinting 6 unit telah diserahkan kepada masyarakat nelayan dan ia bersyukur karena suda beroperasi kemudian hasilnya suda dinikmati masyarakat.

“Pemberian bantuan ini bertujuan untuk membantu warga desa dalam meningkatkan program ketahanan pangan melalui aktivitas mata pencaharian mereka,” ucap dia.

“Saya berharap bagi para penerima agar dapat dijaga dan dirawat karena dengan adanya aset tersebut sangat membantu dalam peningkatan produktifitas dan ini juga bagian dari penyediaan lapangan kerja,” tutupnya.

Baca Juga:  Serapan DAK Tahap Pertama 8 Kabupaten/Kota di Malut Capai Target