News  

3 Kecamatan Terluar di Ternate Jadi Lokasi Budidaya Perikanan

Program budidaya ini diyakini jadi upaya peningkatan ekonomi sektor perikanan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Faisal Harun Dano Husein. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara akan memprioritaskan 3 kecamatan terluar yakni Batang Dua, Hiri dan Moti (BAHIM) sebagai lokasi budidaya sektor perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Faisal Harun Dano Husein menyebut, jenis budidayanya sendiri adalah rumput laut, ikan air tawar dan keramba jaring apung atau KJA.

“Selain budidaya rumput laut, di Pulau Moti misalnya, akan diprioritaskan sebagai lokasi budidaya ikan air tawar dengan jenis ikan nila dan keramba jaring apung,” Faisal kepada¬†cermat, Rabu, 18 Oktober 2023.

 

Sedangkan, ia bilang, untuk lokasi penempatan KJA dan rumput laut akan terpusat di Kelurahan Tafaga dan untuk ikan air tawar di Tadenas.

“Saat ini KJA sudah masuk tahapan pemesanan barang, sementara sudah dalam proses pengiriman dari Jawa. Kemudian bibit yang nanti dibudidaya itu jenis ikan kerapu tikus, bibitnya kita ambil dari balai benih di Ambon,” terang Faisal.

Ia menjelaskan bahwa ketiga progaram ini anggarannya dari APBD induk tahun 2023 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca Juga: Disbud Ternate Rencana Dorong Ritual Uci Duwong Masuk WBTB

“Untuk rumput laut 280 juta, untuk KJA satu paket yang tersebar di beberapa titik, Moti, Hiri dan Batang Tua yang masing-masing satu unit dengan total anggaran 800 juta. Dan untuk ikan air tawar itu harganya 115 juta yang ada di Moti dan Ternate,” tutur Faisal.

“Untuk yang di pulau Ternate awalnya kita plot lokasinya di Tobeleu, cuma karena ada perubahan lokasi dan sampai sekarang lokasinya masih kita godok, tapi yang pastinya itu di pulau Ternate,” sambung Faisal.

Baca Juga:  Kapal LCT Modern Putra Samudra Tenggelam di Perairan Halsel, 3 Orang Hilang

DKP Kota Ternate memastikan akan memaksimalkan program unggulan di sektor perikanan tersebut. Faisal yakin ini akan menambah pendapatan warga setempat.

——–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni