News  

Event Moti Bersuara Siap Digelar, Ada Konser hingga Promosi Wisata 

Rapat pra event Moti 1322 bersuara oleh pihak pelaksana. Foto: Istimewa

Event Moti 1322 Basuara yang digagas Komunitas Orang Moti akan segera digelar pada 11-12 Agustus 2023. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Makin Cakap Digital (MCD), KNPI dan POSSI Maluku Utara.

Saihu Oti, Wahyu Taha mengatakan, event bergengsi tersebut sejauh ini telah menggandrung banyak dukungan dari khalayak luas.

“Kesiapan untuk kegiatan sudah sangat maksimal dilakukan, ini semua berkat dukungan warga, para RT/RW, lurah, camat, aparat keamanan serta tokoh agama,” kata Wahyu usai rapat pemantapan Moti 1322 Bersuara, Rabu, 8 Agustus 2023.

“Kemudian tokoh masyarakat dan pemuda termasuk para sesepuh yang selama ini terus suport kami di Moti serta semua pihak yang memberikan dorongan dan bimbingan,” sambung Wahyu.

Koordinator Kegiatan Moti 1322 Bersuara, Budi Janglaha mengatakan, kesiapan itu mulai terlihat di Lapangan Tosehe Kelurahan Moti Kota yang jadi lokasi utama kegiatan.

“Bahkan para pemateri pada kegiatan Konfederasi Satra Kopitam dilaksanakan pada 12 Agustus di pasar Moti juga sudah siap hadir,” ucap dia.

Budi bilang, konfederasi kali ini mengangkat tema ‘Merajut Peradaban Moti’ yang berkaitan dengan 178 Kumpulan Puisi Tentang Moti (Kopitam).

“Selain alat musik yang sudah terdistribusi ke Moti, bahkan Komunitas Offroad Indonesia (KOFFI) yang nantinya melakukan Ziarah Moti juga sudah mendistribusikan kendaraan jeepnya. Ada juga penanaman mangrove dari KNPI, dan untuk mempromosikan wisata Bahari Pulau Moti akan dilakukan penyelaman sepanjang perairan Moti yang dikemas pada kegiatan Moti Underwater Expedition dari POSSI Maluku Utara,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada Jumat 11 Agustus besok, Oti mengagendakan   pembersihan Benteng Nasau dan pelatihan pembuatan minyak kelapa (Groni).

Sementara, kegiatan malam Moti 1322 Basuara yang dikemas dengan konser musik dari MCD dilakukan pada 12 Agustus.

Baca Juga:  JPU Kejari Layangkan Panggilan Kedua Terhadap Mantan Kadis Kesehatan Kota Ternate

“Pada malam konser musik tersebut gratis dan tidak dikenakan biaya apapun, kami mengundang secara terbuka seluruh masyarakat untuk bisa hadir meramaikan kegiatan Moti 1322 Basuara,” sebutnya.

Budi turut mengimbau agar seluruh warga yang hadir bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan.

“Pada hari Minggu nanti dilakukan senam sehat dan bersih-bersih kolaborasi dari KNPI dan Oti,” tandasnya (RLS).

————

Editor: Rian Hidayat Husni