News  

Kapolda Malut Instruksikan Kapolres Halmahera Tengah Intens Cegah Peredaran Miras di Wilayahnya

Kapolda Maluku Utara, Irjen Midi. Foto: Istimewa

Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko memberikan instruksi kepada jajaran Polres Halmahera Tengah untuk terus melakukan razia mencegah peredaran minuman keras (miras) dan barang terlarang lainnya.

Instruksi itu disampaikan Irjen Midi dalam kegiatan deklarasi cinta damai masyarakat Maluku Utara bersama Pemerintah Halmahera Tengah dan PT IWIP di aula Mapolda, Rabu, 18 Oktober 2023.

“Kapolres Halteng harus masif patroli miras di Weda, Halmahera Tengah, agar dapat menciptakan kondisi di wilayah lingkar tambang. Terutama agar masyarakat lebih nyaman dan tentram karena terhindar dari minuman keras,” tegas Midi.

Terpisah, Kapolres Halmahera Tengah, AKBP Faidil Zikri mengaku apa yang disampaikan pimpinan, pihaknya sudah melakukan patroli dan penyitaan miras sejak menjabat sebagai pimpinan Mapolres Halmahera Tengah.

“Bukan hanya miras yang kami tindak, tapi narkoba dan barang terlarang lainnya juga kami tindak,” akuinya.

Faidil menegaskan, pelaku yang kedapatan membawa miras sejauh ini, anggotanya tetap melakukan proses tindak pidana ringan (tipiring).

“Anggota sudah proses tipiring terhadap pelaku. Pekan lalu anggota amankan miras seribu botol,” katanya.

Faidil bilang, ia telah tempatkan anggota di seluruh pintu masuk di Halmahera Tengah. Karena itu, ketika miras coba diselundupkan masuk, anggota langsung tangkap pelakunya.

“Pintu masuk yang ada di Halmahera Tengah sudah dibuatkan pos. Kami juga sudah kerja sama dengan tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh adat. Jika ada yang lakukan penjualan atau mengadakan miras dan narkoba langsung mereka melaporkan,” pungkasnya.

——-

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Polres Haltim Launching Desa Buli Karya Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba